Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Kenali Perbedaan OOH dan DOOH

Masing-masing memiliki manfaat penting bagi bisnis, apa saja perbedaan OOH dan DOOH dalam dunia periklanan?


 

OOH dan DOOH kini menjadi media periklanan populer yang kerap digunakan oleh para pebisnis. Meski keduanya merupakan jenis iklan luar ruangan, namun tetap terdapat perbedaan OOH dan DOOH yang cukup signifikan. Berikut penjelasan lebih lengkap terkait kedua media tersebut.

 

Apa itu iklan OOH?

 

OOH merupakan singkatan dari Out of Home atau periklanan di luar rumah berupa billboard, baliho, spanduk, dll. Media ini juga merupakan salah satu bentuk pemasaran yang paling bertahan lama sejak peradaban Mesir Kuno yang kerap digunakan para pedagang pasar dalam mengiklankan produk mereka. Namun saat ini, OOH telah berevolusi dengan menawarkan beragam format, lokasi, dan target audiens.


 

Apa itu DOOH?

 

DOOH atau Digital Out of Home merupakan perkembangan dari OOH. Sebagian masyarakat bahkan masih mengira bahwa DOOH merupakan OOH. Padahal DOOH adalah iklan yang ditampilkan dengan digital, seperti videotron, digital signage, dan lainnya.

 

Apa perbedaan OOH dan DOOH?


 

  • OOH lebih bersifat fisik, dicetak di atas kertas atau dibentuk dari bahan berwujud lainnya.
  • DOOH merupakan layar yang dapat menampilkan video dan bergantung pada koneksi internet.
  • OOH tradisional bersifat statis, yakni satu iklan ditampilkan tanpa jeda selama jangka waktu tertentu (misalnya mengeluarkan slot papan reklame selama dua minggu).
  • DOOH menawarkan kemampuan untuk merotasi iklan yang berbeda dalam periode waktu yang sama, sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengiklan (misalnya mengambil slot satu jam per hari, di mana iklan akan di putar di jam yang sama setiap harinya).
  • DOOH bisa lebih mahal daripada OOH, meskipun perlu dicatat bahwa OOH sudah menjadi salah satu bentuk media yang paling hemat biaya.

 

Perbedaan OOH dan DOOH: Mana yang lebih baik?

 

Baik OOH maupun DOOH memiliki manfaat dan fungsi yang unik, artinya tidak ada jawaban umum yang mana yang lebih baik karena tergantung dari kebutuhan pengiklan. Di sisi lain pertanyaan subjektif ini memerlukan penerapan pada keadaan tertentu.Untuk lebih memahami apakah OOH atau DOOH lebih baik untuk Anda, pertimbangkan keuntungan masing-masing berikut ini.

 

Manfaat OOH


  • Memperkuat kesadaran merek
  • Memberikan kredibilitas pada merek
  • Meningkatkan pengenalan merek

 

Manfaat DOOH


  • Mendorong efektivitas kampanye
  • Memberikan fleksibilitas bagi pengiklan
  • Bersifat interaktif dalam melibatkan audiens

 

Penting untuk diketahui, apapun jenis media yang digunakan baik itu OOH atau DOOH, Anda harus tetap memahami tahapan proses pemasangan iklan tersebut. Mulai dari desain yang menarik, pesan iklan yang relevan, warna yang mencolok, pemilihan lokasi yang strategis, hingga mematuhi aturan pemasangan iklan luar ruang. Oleh karena itu, pastikan memilih jasa periklanan yang tepat dan cermat agar memberikan hasil yang optimal.

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?