Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Apa Itu Programmatic Ads? Manfaat, dan Cara Kerjanya
Pemasangan iklan dalam dunia bisnis bukan hal asing, salah satunya dengan memanfaatkan programmatic ads yang kian populer.

Programmatic ads adalah cara untuk menayangkan iklan secara otomatis dan tidak melibatkan pihak ketiga secara langsung. Programmatic ads bisa menjadi cara yang efektif dalam memasarkan produk atau jasa layanan secara daring.

Dengan programmatic ads, pihak perusahaan bisa menampilkan iklan kepada audiens yang relevan, sehingga biaya periklanan yang dikeluarkan pun bisa dimanfaatkan lebih optimal. Cara kerja programmatic ads di antaranya adalah dengan menyesuaikan usia target pasar, misalnya jika menyasar usia 20-25, maka iklan hanya muncul di media sosial atau laman target usia tersebut.

Selain itu dalam penggunaan programmatic ads, melibatkan algoritma dan kecerdasan buatan (AI) untuk memilih waktu terbaik dan tempat terbaik untuk menayangkan iklan dan menyesuaikan preferensi pengiklan dan preferensi pengguna.

Karena memanfaatkan teknologi, iklan dapat ditampilkan secara real-time. Data yang diperoleh selama iklan dipasang dapat dimanfaatkan sebagai bahan riset preferensi audiens, identifikasi tren, dan perilaku konsumen.

Bahan riset tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengaturan strategi iklan secara efektif. Hal ini tentu memungkinkan pihak perusahaan sebagai pemasang iklan untuk menghadapi perubahan pasar dengan lebih responsif.

Programmatic ads juga memiliki beberapa manfaat yaitu;

1. Lebih fleksibel

Cara pemasangan iklan tersebut lebih fleksibel karena lebih mudah dalam pengelolaan. Pemasang iklan dapat mengatur, mengubah, bahkan menghentikan iklan sesuai kebutuhan dan tujuan bisnis perusahaan.

Selain itu, pemasangan iklan ini juga bisa dilakukan oleh bisnis kecil maupun besar. Data yang diperoleh dari kampanye iklan juga mudah dianalisis dan ditingkatkan, serta dapat disesuaikan dengan berbagai skala kampanye iklan.

Pemasang iklan juga memiliki berbagai pilihan iklan apa yang ingin ditampilkan contohnya display ads, video ads, bahkan native ads. Cara pemasangan iklan ini mendukung berbagai sisi kreatif perusahaan.

2. Menyasar audiens yang tepat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, karena memanfaatkan data dan teknologi yang canggih, perusahaan selaku pemasang iklan dapat menyasar langsung audiens yang paling relevan untuk produk atau layanan mereka.

Pihak perusahaan bisa secara detail menyasar lokasi geografis, demografi, perilaku, dan minat secara daring. Keadaan inin tentunya bisa meningkatkan efektivitas iklan dan menghindari pemborosan akibat iklan yang tidak relevan.

3. Dapat memberi data secara akurat

Program iklan ini juga bisa menyediakan data analisis kinerja secara real-time. Hal tersebut memungkinkan pihak pemasang iklan melihat apakah iklan yang dipasang sudah efektif dan bisa menyesuaikan strategi dengan cepat.

4. Menjangkau audiens lebih luas

Jenis pemasangan iklan seperti ini juga membantu perusahaan untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Hal tersebut dikarenakan perusahaan bisa memasang iklan lewat berbagai saluran daring. Oleh sebab itu, perusahaan juga dapat menjangkau audiens mereka melalui berbagai perangkat seperti smartphone, komputer, hingga tablet.

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?