Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
10 Keuntungan Iklan OOH, Bikin Bisnis Berkembang Pesat

Mudah dijumpai di sudut kota, keuntungan iklan OOH dapat membuat bisnis semakin dikenal masyarakat. 

Meski teknologi saat ini berkembang pesat dan banyak pebisnis memanfaatkan media sosial untuk beriklan, bukan berarti iklan iklan Out of Home (OOH) untuk urusan bisnis kalah pamor. Keuntungan iklan OOH seperti ukurannya yang besar dan bisa memanfaatkan warna yang terang, bisa menjadi sarana untuk mengiklankan produk pada banyak kalangan.

Sebelum mengetahui keuntungan iklan OOH lebih jauh, perlu diketahui bahwa media iklan ini bulan hanya billboard. Videotron, mobile LED, banner, dan neon box termasuk dalam iklan OOH, karena pengiklanannya dilakukan di luar ruangan.

Tidak hanya di tengah kota, iklan OOH juga memanfaatkan keramaian di halte bus, stasiun, taman, dan sebagainya. Bahkan jika unik, iklan OOH bisa viral di media sosial yang mana semakin menguntungkan bagi pebisnis.

Berikut 10 keuntungan iklan OOH untuk bisnis yang perlu diketahui;

1. Menjangkau Target Pasar Lebih Luas

Salah satu keuntungan iklan OOH dalam bisnis adalah mampu menjangkau target pasar yang lebih luas. Bahkan iklan ini dapat menyentuh mereka yang belum masuk ke target pasar. Iklan OOH merupakan jenis iklan yang tidak bisa dilewati begitu saja. Oleh sebab itu, orang-orang yang tidak membutuhkan barang yang diiklankan akan tetap melihatnya, bahkan bisa saja mereka melihat iklan tersebut setiap hari.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Keuntungan iklan OOH lainnya adalah membantu perusahaan dalam meningkatkan brand awareness. Apalagi jika produk atau layanan yang ditawarkan benar-benar baru dirilis. Penempatan iklan OOH di tempat yang dilewati banyak orang akan mempunyai impression yang sangat tinggi. Selain itu, iklan ini juga dapat menjangkau audiens yang belum terjangkau lewat media sosial.

3. Media Kreativitas Pengiklan

Dibandingkan iklan online yang sudah ditentukan formatnya, pengiklan lebih leluasa dalam berkreativitas menggunakan media iklan OOH.  Konten iklan yang dibuat bisa dibuat sekreatif mungkin contohnya dibuat seperti lukisan pada billboard atau membuat stop motion yang ditampilkan pada videotron.

4. Bisa Memilih Lokasi

Ketika menggunakan iklan luar ruangan, pengiklan atau pebisnis bisa memilih spot atau tempat beriklan yang dibutuhkan. Baik itu dekat lampu merah, pertigaan, bahkan stasiun dan halte bus. Pengiklan atau pebisnis bisa menyasar lokasi berdasarkan tingkat keramaian tertentu atau yang selalu ramai. Tempat yang dipilih bisa disesuaikan dengan tujuan dan target market masing-masing.

5. Meningkatkan Visibilitas

Iklan OOH biasanya dibuat semenarik mungkin agar orang yang melewatinya tidak bisa menolak untuk melihat iklan. Selain itu ukuran media iklan yang besar mampu mengalihkan perhatian dan tak jarang menjadi hiburan bagi orang-orang yang melewatinya.

6. Mendorong Tindakan Langsung Audiens

Iklan OOH mampu membuat audiens yang melihatnya melakukan tindakan langsung. Contohnya ketika ada iklan billboard mie instan, audiens yang melihatnya bisa saja tergiur dan memikirkan untuk segera beli mie instan tersebut. Contoh lainnya ketika ada iklan diskon besar-besaran, audiens yang tertarik dengan kata 'diskon' pastinya segera langsung menuju tempat diskon tersebut dan membeli produknya.

7. Promosi yang Lebih Efektif

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, iklan OOH memiliki ukuran besar dan amemberikan kesan terhadap pengguna jalan dengan mudahm apalagi jika desain visual iklan menarik dan unik. Berbeda dengan iklan online yang bisa saja dilewati, iklan OOH tersebut tetap terlihat dan dibaca meski pengguna jalan tidak memiliki niat melihat iklannya. Dengan dengan, promosi yang dijalankan lebih efektif.

8. Biaya Pemasaran Lebih Hemat

Iklan OOH bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan pemasangan iklan di TV. Meski demikian, memang iklan tersebut perlu berada di lokasi yang strategis dan memiliki pesan yang kreatif. Hal tersebut harus dilakukan agar bisnis dapat mencapai dampak maksimal dan menghemat biaya pemasaran.

9. Meningkatkan Performa Iklan Online

Pengguna jalan bisa saja ketika melihat iklan OOH, ingin lebih tahu dan memutuskannya mencari tahu secara online. Ketika mencari tahu,  berbagai informasi terkait akan muncul seperti iklannya, media sosial, hingga info produk.

10. Lebih Mudah Diingat Audiens

Audiens yang melihat iklan OOH diketahui cenderung mengingat pesan di iklan tersebut dibandingkan media iklan lainnya. Hal tersebut dikarenakan pesan yang ditampilkan di iklan OOH biasanya dibuat lebih singkat namun kuat.

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?