Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Tips Meningkatkan Customer Engagement Bisnis

Menjadi aspek penting di era digital, customer engagement bisa menjadi kunci dalam perkembangan bisnis  jangka panjang.

Customer engagement adalah hubungan antara produsen dan konsumen, di mana nantinya ada keterikatan konsumen untuk terus memilih produk atau layanan jasa suatu perusahaan secara berkala. Artinya, seorang pebisnis harus memahami dengan baik customer engagement agar hubungannya dengan konsumen bisa berjalan lancar.

Ketika memahami soal customer engagement, bukan hanya tentang pelayanan. Namun juga harus memahami kebutuhan konsumen, memberikan pengalaman baik, dan bisa memberikan nilai tambah produk.

Selain itu, customer engagement juga penting agar pihak produsen atau perusahaan bisa berhubungan dengan konsumen dalam waktu jangka panjang. Dengan demikian, perusahaan memiliki konsumen loyal yang tidak hanya membeli produk atau layanan, bahkan bisa menjadi advokat merek dan meningkatkan brand awareness.

Namun agar hal-hal tersebut terjadi, ada baiknya pihak perusahaan terlebih dahulu mencari informasi terkait kebutuhan konsumen dalam menerapkan customer engagement. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan konsumen turut berkembang.

Nantinya, ketika sudah mengetahui kebutuhan konsumen, informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk memberikan produk atau layanan terbaik kepada para konsumen. Hubungan kuat antara perusahaan dan konsumen juga membangun komunitas aktif yang diharapkan bisa membuat perusahaan mencapai pertumbuhan dan unggul di pasar yang setiap harinya semakin kompetitif.

Berikut tips meningkatkan customer engagement.

1. Buat konten media sosial yang relevan

Di era kemajuan teknologi ini, penggunaan media sosial bukan lagi hal asing. Hal yang perlu dilakukan adalah bagaimana membuat konten yang terus relevan terhadap keadaan konsumen. Agar konten yang dibuat tetap relevan, kenali segmen konsumen dan kembangkan konten sesuai kebutuhan dan minat mereka. Konten yang dibuat bisa berupa video, infografis, artikel atau konten lainnya yang bermanfaat.

2. Buat inovasi produk sesuai kebutuhan konsumen

Pihak perusahaan bisa membuat review dari konsumen sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan inovasi produk. Hal tersebut dikarenakan nantinya inovasi yang dilakukan benar-benar sesuai kebutuhan konsumen. Cara ini juga membuat konsumen akan terus terlibat dan meningkatkan customer engagement. Konsumen akan melihat pihak perusahaan responsif terhadap masukan mereka dan benar-benar peduli.

3. Beri konsumen penawaran menarik

Pihak perusahaan bisa menawarkan promo atau hadiah kepada konsumen dalam waktu-waktu tertentu. Contohnya ketika momen spesial seperti Idul Adha atau Natal, bahkan yang lebih populer lainnya yaitu diskon tanggal kembar. Tawaran tersebut bisa dilakukan dengan mengirimkan pesan lewat email, website, atau akun media sosial. Hal ini akan membuat konsumen merasa lebih dihargai dan mereka akan nyaman berinteraksi dengan pihak perusahaan.

4. Beri pengalaman yang dipersonalisasi

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membangun keterlibatan konsumen adalah dengan memberi pengalaman yang dipersonalisasi. Salah satu caranya dengan bertanya bagaimana pengalaman mereka dan apa kritik-saran dari mereka. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan software yang secara otomatis menanyakan para konsumen terkait pengalamannya. Pihak perusahaan juga dapat memberi rekomendasi berdasarkan pembelian sebelumnya atau riwayat pencarian.

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?