Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Mengenal Guerilla Marketing, Contoh, dan Manfaatnya

Guerilla marketing menjadi taktik pemasaran yang bisa membuat konsumen terkejut dan berpengaruh signifikan pada perkembangan bisnis.

 

Guerilla marketing adalah strategi marketing dengan mengandalkan pendekatan berupa kejutan kepada konsumen secara langsung. Disebut kejutan karena memang karena strategi marketing yang dilakukan mengacu pada penggunaan interaksi yang mengejutkan.

Strategi guerilla marketing terbilang efektif dalam mempromosikan produk kepada audiens. Berbeda dari cara periklanan pada umumnya, guerilla marketing bergantung pada interaksi yang berkualitas antara perusahaan dan audiens.

Selain itu, strategi marketing ini lebih mengandalkan kelompok promotor yang nantinya bertanggung jawab dalam mempromosikan produk di lokasi tertentu. Kunci dari strategi ini adalah kreativitas  dan mampu memahami emosi target konsumen.

Salah satu penerapan guerilla marketing adalah dengan melakukan promosi di tempat ramai. Contohnya, jika produk yang dipasarkan menyasar anak muda, maka pemasaran atau promosi bisa dilakukan di tempat konser, festival, acara olahraga, dan acara-acara besar lainnya.

Contoh lainnya bisa dengan menerapkan outdoor guerilla marketing. Teknik ini dilakukan ruang publik, seperti area stasiun atau pusat hiburan, dengan cara pihak perusahaan menaruh alat promosi di sekitarnya seperti stiker atau billboard yang mengandung konten menarik atau relevan.

Guerilla marketing juga memiliki banyak manfaat, di antaranya;

1. Biaya iklan lebih murah

Banyak perusahaan yang menggunakan strategi ini karena biaya iklannya yang cukup murah dibandingkan dengan strategi lainnya. Hal tersebut dikarenakan perusahaan cukup mengandalkan cara-cara kreatif dan menggugah banyak audiens.

Meskipun memang ide-ide terbaik biasanya memerlukan investasi waktu, kreativitas, dan imajinasi, namun iklan tersebut tidak harus mahal. Banyak iklan kreatif yang cukup simpel, namun murah dan efektif.

2. Meningkatkan brand awareness dengan mudah

Tidak seperti strategi marketing lainnya, strategi yang satu ini sangat bergantung pada penyebaran informasi dari mulut ke mulut, yang mana pesan menyebar lebih cepat. Hasilnya, brand awareness akan meningkat karena informasi yang tersebar juga lebih cepat.

Selain itu dengan penyebaran dari mulut ke mulut, ada kemungkinan juga orang yang mendengar informasinya tertarik dengan iklan tersebut atau bahkan langsung tertarik dengan produknya. Alhasil baik iklan maupun produk bisa saja viral di kalangan luas.

3. Memberikan kesan

Menerapkan strategi marketing ini pada dasarnya membuat masyarakat luas mudah mengingat iklan atau produk yang diiklankan. Artinya, hal tersebut bisa saja memberi kesan abadi pada calon konsumen. Dengan melakukan strategi marketing ini, konsumen dibuat merasa kagum, terkesan, dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang produk atau layanan yang diiklankan.

4. Kesempatan membangun partnership

Strategi pemasaran ini cukup mengandalkan situasi sehari-hari untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Oleh karena itu, pihak perusahaan akan sering berkolaborasi dengan pihak bisnis lainnya atau suatu organisasi untuk menjalankan campaign, baik itu dengan melakukan promosi di kedai kopi, kampus, atau pusat publik lainnya.

Pihak perusahaan dapat membangun kemitraan dengan pihak lainnya yang nantinya bersama-sama menargetkan audiens yang sesuai harapan dan promosi dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?