Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Mengenal Marketing 5.0, Konsep Pemasaran Baru untuk Bisnis

Seiring berkembangnya tren pemasaran, penawaran konsep pun semakin beragam, salah satunya adalah konsep marketing 5.0.

Marketing 5.0 merupakan konsep pemasaran yang fokus menggabungkan teknologi digital dengan pengalaman manusia secara lebih mendalam. Dengan konsep ini, manusia menjadi tolok ukur dan fokus utama.

Dengan konsep marketing 5.0, kegiatan pemasaran melibatkan Internet of Things (IoT) dan blockchain, namun tetap berfokus pada pemasaran yang keberlanjutan dan interaksi sosial. Pengalaman konsumen sangat penting dalam penerapan konsep pemasaran ini.

Keberhasilan dalam menerapkan konsep pemasaran ini tergantung pada keseimbangan antara manusia dan teknologi yang digunakan. Bisa dibilang, hadirnya Marketing 5.0 memberikan jalan tengah bagi perkembangan teknologi yang semakin besar, namun tidak meninggalkan nilai-nilai kemanusiaan.

Contoh penerapan Marketing 5.0 bisa dilihat pada bisnis makanan. Saat ini tersedia layanan seperti GoFood, GrabFood atau ShopeeFood, yang mana lewat aplikasi tersebut pengguna bisa mencari makanan yang ia inginkan hanya dengan memasukkan kata kunci di pencarian.

Mengintegrasikan kecerdasan buatan, konsep pemasaran ini juga memungkinkan personalisasi dalam komunikasi pemasaran. Perusahaan bisa mengumpulkan data pelanggan dan menganalisisnya untuk menampilkan konten relevan dan pesan produk yang disampaikan bisa disesuaikan, meningkatkan efektivitas iklan.

Dengan Marketing 5.0, konsumen terlibat lebih aktif karena tidak pasif hanya menerima pesan, tetapi juga berpartisipasi dalam memberikan feedback, bahkan bisa jadi bagian dari brand community. Hal ini juga menciptakan hubungan yang lebih kuat antara konsumen dan perusahaan.

Penerapan konsep ini juga memudahkan perusahaan ketika menghadapi perubahan pasar. Dengan melakukan monitoring, perusahaan dapat merespons perubahan secara cepat, fleksibel dan efisien.

Selain itu, penerapan konsep ini juga membuat perusahaan dapat menyesuaikan strategi pemasaran secara proaktif, mengoptimalkan iklan yang dimunculkan, dan menjawab tren pasar yang terus berkembang.

Analisis data yang dilakukan dalam penerapan konsep marketing tersebut juga membuat perusahaan memiliki wawasan lebih mendalam terkait perilaku pelanggan, efektivitas iklan, dan tren pasar. Keadaan ini juga memungkinkan perusahaan mengoptimalkan strategi pemasaran yang lebih tepat.

Bagaimana cara menerapkan marketing 5.0 lebih tepat?

Beberapa hal harus dilakukan agar penerapan konsep marketing tersebut memberikan hasil yang memuaskan. Pertama, pihak perusahaan harus menganalisis kebutuhan dan perilaku konsumen. Analisis dilakukan dengan data yang akurat dan bisa saja menggunakan teknologi yang canggih.

Kebutuhan konsumen juga bisa dilihat dari testimoni yang mereka tinggalkan. Oleh sebab itu, perusahaan pemilik bisnis harus menyediakan fasilitas untuk konsumen agar mereka bisa memberi ulasan dan feedback.

Selain itu, banyak konsumen saat ini memiliki komitmen terhadap pemasaran memiliki nilai tanggung jawab sosial. Oleh sebab itu, perusahaan juga perlu mengadakan pemasaran yang bersifat berkelanjutan yang akan menunjang jalannya proses pemasaran.

Terakhir, agar data yang dimiliki selalu relevan dan sesuai pasar, lakukan analisis analisis secara terus-menerus. Hal tersebut juga bertujuan strategi pemasaran yang dimiliki perusahaan tetap efektif ketika diterapkan.

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?