Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Offline?

Tak hanya meningkatkan brand awareness dan angka penjualan, pemasaran offline juga dapat membangun kedekatan dengan konsumen potensial.  

 

Meski pemasaran online kini menjadi strategi marketing yang paling populer dan paling dimintai, namun pemasaran offline masih menjadi pilihan para pebisnis dalam mempromosikan produk mereka.

 

Pemasaran offline merupakan strategi penjualan dengan memasarkan produk secara langsung kepada konsumen. Tak hanya untuk pebisnis pemula, cara ini juga kerap dilakukan oleh perusahaan ternama.

 

Car advertising menjadi media yang kerap digunakan oleh beberapa perusahaan dalam pemasaran offline mereka, Adapun cara lain yang digunakan oleh perusahaan atau brand ternama dengan memasang plang, spanduk, billboard dan lainnya pada toko offline.

 

Langkah ini tak hanya meningkatkan brand awareness dan angka penjualan, tapi juga membangun kedekatan dengan konsumen potensial. Keuntungan tersebut pastinya bisa menjadi investasi jangka panjang bagi perusahaan. 

 

Jika Anda tertarik menggunakan strategi ini, maka Anda dapat mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan pemasaran offline. 

 

Kelebihan pemasaran offline

 

1. Interaksi langsung dengan konsumen

 

Keunggulan pertama yang bisa dirasakan langsung dengan jenis pemasaran ini adalah dapat berinteraksi langsung dengan konsumen. Dari interaksi ketika memberikan brosur misalnya, penjual bisa memahami jelas bagaimana respon konsumen atas produk yang ditawarkan. Dari cara ini pula, Anda bisa melakukan analisis pasar terkait apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh konsumen.

 

2. Tercapainya target penjualan

 

Keuntungan lain yang akan didapatkan oleh pebisnis adalah tercapainya target penjualan. Pasalnya, konsumen yang melihat produk secara langsung kemungkinan besar membeli lebih dari satu produk.

 

3. Menjadi incaran konsumen

 

Memasang periklanan konvensional pada toko offline biasanya akan menjadi incaran para influencer untuk me-review produk yang ditawarkan. Contohnya saja produk makanan. Hal ini jelas memberikan keuntungan bagi pebisnis, terlebih jika konten yang dipublikasikan oleh influnecer menjadi viral maka produk Anda pun akan menjadi incaran konsumen.

 

Kekurangan pemasaran offline

 

Meski memiliki banyak keuntungan, namun pemasaran langsung juga tetap memilki beberapa kekurangan yang harus diketahui para pebisnis.

 

Pertama adalah persaingan bisnis yang cukup ketat, di mana pebisnis harus cermat dalam memilih media periklanan yang tepat agar mampu menarik perhatian konsumen. Kedua adalah interaksi yang terbatas sehingga terkadang feedback yang dihasilkan tidak optimal. Ketiga adalah target audiens yang juga terbatas, pasalnya cara ini memang tak seluas dan secepat marketing secara online.

 

Akan tetapi kekurangan tersebut tak seberapa jika dibandingkan dengan keuntungan yang didapatkan. Jika Anda ingin jauh lebih maksimal, maka Anda bisa menggunakan jasa periklanan profesional Devis Advertising yang berpengalaman dalam memasang iklan brand-brand ternama di Tanah Air.  

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?