Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Brand Persona: Pengertian, Manfaat dan Contohnya
Brand persona sangat penting karena bisa memberikan ciri khas atau citra suatu produk.

 

Brand persona adalah gambaran dari nilai, sikap, dan kepribadian yang disajikan oleh merek untuk membangun segmen dan audiens.

 

Ketika hendak membangun brand persona, cara termudah yang bisa dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis adalah membuat gambaran pihak mana yang pasti tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

 

Setelah sudah jelas gambarannya, buat nilai atau pesan untuk target. Bisa dibilang, brand persona merupakan karakteristik yang melekat pada sebuah merek. Citra merek akan meningkatkan nilai produk dibandingkan produk kompetitor dan konsumen cenderung membeli produk yang menarik serta familiar.

 

Hal tersebut membuat brand semakin dekat dengan audiens sesuai targetnya. Jika brand persona suatu merek sudah jelas, maka merek tersebut bisa menjadi istilah umum untuk produk serupa. Misalnya, banyak orang menyebut Softex untuk pembalut atau Aqua untuk air mineral.

 

Melihat contoh di atas, artinya persona dari suatu brand memiliki tujuan untuk membangun hubungan emosional antara perusahaan dan konsumen. Ketika hubungan emosional terbangun, konsumen akan loyal terhadap perusahaan.

 

Berikut beberapa manfaat brand persona yang perlu diketahui;

 

1. Komunikasi lebih konsisten

 

Sebuah merek dapat memastikan bahwa pesan yang disampaikan kepada audiens sangat baik jika sudah memiliki suatu persona yang konsisten. Konsistensi perlu dipertahankan baik dalam nilai, sikap dan gaya untuk membangun kesetiaan konsumen terhadap suatu merek.

 

Selain konsisten, komunikasi yang terjalin antara merek dan konsumen akan lebih mudah dan konsumen juga mampu menerima pesan yang disampaikan oleh merek dengan mudah.

 

2. Pemasaran produk mudah dilakukan

 

Personalitas dari suatu merek juga membuat perusahaan atau pebisnis mendapatkan hasil yang lebih baik saat melakukan pemasaran produk ke target audiens.

 

Kembali lagi, sikap atau nilai dari suatu merek sangat penting untuk menciptakan image perusahaan yang baik bagi konsumen. Dengan demikian, calon konsumen akan semakin tertarik dengan merek tersebut dan konsumen yang sudah ada tidak akan beralih ke merek kompetitor.

 

Meski demikian perlu diingat ketika image suatu merek unik, maka konsumen akan semakin mengingatnya. Namun jika image yang dimiliki merek kurang kuat, justru konsumen akan mengabaikannya dan beralih ke produk kompetitor.

 

3. Membuka jalan dalam pengambilan keputusan perusahaan

 

Persona dari suatu merek membantu perusahaan atau pebisnis dalam mengembangkan strategi dan mengambil keputusan. Ketika sebuah perusahaan memahami karakter dan preferensi dari merek, maka perusahaan dapat menentukan pesan taktik pemasaran apa yang diterapkan dan hal apa saja yang akan dilakukan.

 

Penentuan tersebut bisa disesuaikan dengan kepribadian brand dan kebutuhan konsumen. Dengan mengetahui apa kebutuhan konsumen terhadap suatu merek, dapat membuat perusahaan lebih mudah menjangkau target audiens dengan cara yang tepat.

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?