Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Membangun Citra Merek yang Kuat dengan Creative Branding

Menciptakan citra merek yang kuat dan memorable dimulai dengan strategi merek yang cerdas dan terintegrasi.

 

Salah satu cara terbaik untuk membangun kesadaran merek dan menjangkau target audiens adalah dengan membentuk citra merek unik yang menonjol di benak konsumen. Sebagai pebisnis, kamu harus mempelajari strategi pemasaran di balik penciptaan citra yang positif untuk mengubah persepsi konsumen dan memengaruhi keputusan pembelian.

Lalu bagaimana membangun citra yang memorable?

Citra ibarat istilah yang menggambarkan persepsi merek perusahaan, baik di kalangan calon konsumen maupun konsumen setia. Citra yang dibentuk melalui creative branding akan membuat suatu produk lebih menonjol dari pesaing atau kompetitor di ruang pasar yang sama.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam membangun citra merek:

1. Ketahui target audiens

Gambarkan  secara realistis tentang siapa konsumen ideal produk Anda sehingga dapat menyesuaikan pesan merek dengan tepat. Kumpulkan informasi demografis seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, dan lokasi geografis.

2. Identifikasi kebutuhan target audiens

Lakukan riset pasar terlebih dahulu untuk memahami kelemahan target audiens, serta mencari tahu alasan penawaran pasar saat ini tidak cukup melayani mereka. Hal utama yang harus dilakukan yakni menunjukkan bagaimana produk yang dipromosikan dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

3. Tentukan proposisi nilai merek

Untuk menyempurnakan proposisi nilai merek, fokuslah pada perbedaan utama yang membedakan perusahaan Anda dari semua opsi lainnya, baik itu keterjangkauan, kualitas, kebaruan, atau atribut utama lainnya.

4. Gunakan proposisi nilai untuk membentuk fitur pengenal merek

Jelajahi bagaimana elemen visual seperti logo merek, font perusahaan, dan kemasan dapat menarik perhatian pada proposisi nilai produk Anda.

5. Kampanye pemasaran yang mengomunikasikan nilai merek

Sebagian besar konsumen baru akan mengetahui merek Anda melalui kampanye pemasaran. Baik itu melalui  iklan TV, iklan digital, influencer media sosial, atau program rujukan, sehingga pebisnis pun harus mempertimbangkan creative branding yang dilakukan.

6. Tetap konsisten

Kunci untuk mempertahankan pengakuan merek adalah komitmen terhadap citra yang telah dibangun. Meskipun selalu dapat melakukan perubahan citra perusahaan di kemudian hari, usahakan untuk membangun pemahaman terhadap merek terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan.

Cara mengukur citra merek

Untuk mengukurnya, buat survei konsumen dan distribusikan ke banyak orang, mulai dari konsumen setia, konsumen baru, dan konsumen pesaing.

Survei ini akan memungkinkan perusahaan memahami bagaimana persepsi merek yang telah dibranding. Ajukan pertanyaan yang ditargetkan dan berikan gabungan jawaban pilihan ganda dan kolom kosong untuk umpan balik terbuka.

Wawasan ini dapat membantu perusahaan menentukan apakah peluncuran produk baru, perombakan layanan konsumen, atau kampanye merek baru sudah efektif atau belum. Intinya, membangun citra merek didasarkan pada persepsi masyarakat dan tergantung pada bagaimana masyarakat memandang merek tersebut.

 
Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?