Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Contoh Inovasi Produk yang Bikin Bisnis Berkembang Pesat

Tak hanya meningkatkan bisnis, inovasi produk juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen.

 

Inovasi produk dalam berbisnis perlu dilakukan untuk terus memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Adanya inovasi produk, juga membuat konsumen membeli produk sesuai harapannya.

 

Selain itu dengan adanya inovasi produk, pebisnis bisa mendapatkan feedback dari konsumen. Nantinya feedback tersebut bisa menjadi bahan evaluasi dan mengubah produk yang sudah ada terlihat baru, tidak membosankan bahkan lebih baik.

 

Hal lain terkait inovasi produk adalah membuat perusahaan lebih unggul dibanding kompetitor. Hal tersebut dikarenakan perusahaan yang berinovasi tersebut memiliki produk baru yang mungkin saja lebih baik dan efektif dibandingkan milik kompetitor.

 

Selain itu, karena produk yang diinovasi menjadi lebih baik, maka harga jual produk tersebut dapat ditingkatkan. Hal tersebut pastinya meningkatkan pendapatan perusahaan. Seperti dijelaskan sebelumnya, inovasi terhadap produk biasanya dilakukan karena menyesuaikan kebutuhan konsumen.

 

Tak hanya meningkatkan kepuasan konsumen dan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap perusahaan. Selain terhadap konsumen loyal, inovasi juga meningkatkan kepercayaan terhadap calon konsumen.

 

Produk dari pebisnis yang terus berkembang akan terus dikenal dan akhirnya menarik perhatian calon konsumen. Contohnya perusahaan smartphone yang terus mengembangkan produknya dengan memberi ruang penyimpanan lebih luas dibandingkan pesaingnya.

 

Berikut contoh inovasi produk yang membuat bisnis berkembang pesat;

 

1. Tas canvas estetik

 

Tas canvas estetik dibuat dari bahan terjangkau dengan gambar-gambar lucu dan digemari banyak kaum muda. Jika tas didesain dengan ukuran besar, selain untuk bepergian tas tersebut bisa digunakan sebagai tas belanja untuk mengurangi sampah plastik.

 

Dengan demikian, tas tersebut bisa digunakan konsumen tidak hanya sebagai penunjang fesyen namun juga kebutuhan sehari-hari. Selain itu, juga bisa menjadi solusi untuk menjaga kebersihan lingkungan.

 

2. Makanan kekinian

 

Makanan kekinian bisa menjadi bagian dari inovasi bisnis. Contohnya dumpling keju yang tidak hanya bisa diolah menjadi tomyum, namun makanan yang dibakar seperti BBQ.

 

Selain itu ada juga makanan seperti bakso yang tidak hanya diolah untuk makanan berkuah namun juga bisa diolah menjadi menu lain seperti bakso bakar atau bakso goreng (basreng). Artinya, satu jenis makanan pun bisa diolah menjadi berbagai menu dan memiliki nilai berbeda.

 

3. Buket cemilan wisuda

 

Cemilan yang biasa ada di warung bisa dinaikkan nilainya jika dibuat menjadi suatu barang unik, contohnya buket cemilan untuk wisuda.

 

Kumpulan cemilan didesain membentuk buket, memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan hanya sekadar dijual satuan. Buket cemilan seperti ini digemari banyak anak muda karena bukan hanya terlihat cantik saat difoto, namun bisa dimakan sesudahnya.

 

4. Produk smartphone

 

Contoh inovasi produk lainnya adalah smartphone. Banyak produsen smartphone membuat berloma untuk membuat smartphone yang canggih dengan fitur-fitur mumpuni, contohnya mengembangkan kamera yang sejernih mungkin.

 

Pada perkembangan zaman seperti ini, banyak pengguna media sosial yang kerap membagikan foto-foto terbaiknya. Untuk mendapatkan foto yang jernih, dibutuhkan smartphone yang menyediakan kamera terbaik. Keadaan tersebut bisa dimanfaatkan oleh produsen smartphone untuk bersaing menampilkan kamera smartphone mana yang paling unggul.

 

</p class="adn>

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?