Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
4 Strategi Tepat untuk Memperluas Pangsa Pasar

Memperkuat hubungan dengan konsumen bisa menjadi salah satu cara dalam meningkatkan pangsa pasar yang berdampak pada angka penjualan.

 

Perusahaan atau pebisnis tentu sudah tidak asing dengan istilah pangsa pasar. Pangsa pasar adalah informasi untuk memberi gambaran total penjualan dari suatu perusahaan terhadap segmen pasar tertentu.

 

Data yang tersaji biasanya menjadi tolok ukur perusahaan untuk menentukan sikap ketika menghadapi kompetitornya. Selain itu, data dari pangsa pasar juga bisa digunakan untuk sebuah acuan bagi perusahaan dalam melihat performa bisnisnya dan kualitas strateginya.

 

Cara menghitung pangsa pasar adalah jumlah penjualan perusahaan selama periode tertentu dan membaginya dengan total penjualan industri pada periode yang sama. Dengan adanya hitungan tersebut, perusahaan juga bisa mengerti sejauh mana produk mereka berhasil dalam menguasai pasar dibandingkan produk kompetitornya.

 

Pangsa pasar memiliki empat jenis, yaitu value market share, volume market share, revenue market share, dan customer market share. Value market share adalah penghitungan persentase yang berdasarkan total segmen penjualan. Artinya, perusahaan menghitung persentase berdasarkan capaian harga.

 

Kemudian ada volume market share, mengacu pada penghitungan jumlah total produk yang terjual di pasaran. Biasanya volume pangsa pasar lebih rendah dari nilai pangsa pasarnya. Sementara revenue market share, lebih fokus pada total uang yang dihasilkan dari penjualan produk yang perhitungannya berdasarkan pendapatan dan dibandingkan dengan kompetitor.

 

Biasanya untuk meningkatkan penjualan, perusahaan memutuskan untuk memperluas pangsa pasar. Namun bagaimana cara memperluasnya?

 

1. Memperkuat hubungan dengan konsumen

 

Ketika konsumen konsumen menyukai produk suatu perusahaan dan perusahaan tersebut berhasil melayani konsumen dengan baik, konsumen tersebut akan secara sukarela mempromosikan produk tersebut ke orang lain.

 

Bayangkan jika satu konsumen bisa mengajak lima temannya menggunakan produk tersebut, maka akan semakin banyak konsumen yang merasa puas dan produk tersebut akan terus mereka promosikan. Berawal dari satu konsumen, maka pasar yang dimiliki akan semakin luas.

 

2. Membuat berbagai inovasi

 

Konsumen biasanya tertarik dengan hal-hal baru. Oleh sebab itu, pihak perusahaan sebaiknya berani membuat inovasi baru dengan produknya untuk mendongkrak market share.

 
Dalam membuat inovasi, memang dibutuhkan keseriusan dan konsistensi pihak perusahaan. Perusahaan juga harus tahu produk dan layanan seperti apa yang diinginkan konsumen. Selain itu ketahui apakah inovasi yang diciptakan memenuhi permintaan konsumen atau tidak.

 

3. Membuat target

 

Penting untuk menentukan target agat paham produk yang dihasilkan akan menjurus ke kalangan tertentu. Hal tersebut bisa ditentukan berdasarkan kalangan, usia, jenis kelamin, atau orang dengan minat-minat tertentu.

 

Contohnya jika produk menargetkan Gen Z, perusahaan bisa menarik perhatian calon konsumen dengan memanfaatkan media sosial. Jika mereka tertarik, dengan sendirinya informasi tersebut akan tersebar luas.

 

4. Menargetkan daerah baru

 

Memasarkan produk ke daerah baru bisa jadi cara untuk memperluas market share. Namun, perusahaan harus melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu agar produk yang akan dijual cocok dan menarik konsumen baru.

 

Pihak perusahaan bisa melakukan riset pasar untuk menentukan daerah yang akan dijadikan target pasar. Setelah menemukan target daerah yang berpotensi, maka perusahaan bisa menentukan lokasi strategis untuk memasarkan produk ke konsumen baru.

 

</p class="gs">

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?