Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Kelebihan dan Kekurangan Marketplace pada Bisnis Online

Tak hanya memiliki berbagai kemudahan, pecinta belanja online juga harus tahu nih berbagai kekurangan dari  marketplace.   


Marketplace adalah platform tempat berkumpulnya banyak penjual yang menawarkan berbagai jenis produk. Platform yang disediakan untuk marketplace bisa berupa website atau aplikasi.

 

Pengelolaan website hingga pembayaran difasilitasi oleh perusahaan penyedia marketplace. Pihak marketplace juga yang akan mengurus penjualan dari foto produk, gudang, pengiriman barang, hingga fasilitas pembayaran. Penjual hanya perlu menyediakan barang.

 

Terdapat beberapa perusahaan marketplace di Indonesia antara lain Shopee, Tokopedia, dan BliBli. Berbelanja di platform ini tidak terlalu berbeda dengan berbelanja di pasar tradisional. Ketika pembeli tertarik membeli, maka ada transaksi yang akan diatur dari mulai pembayaran hingga pengiriman barang dan sampai ke tangan konsumen.

 

Cara berbelanja seperti ini mempermudah penjual menjangkau konsumen baru dan mempermudah konsumen mendapat barang yang dibutuhkan. Apalagi jika konsumen menjelajahi toko-toko terlebih dahulu sebelum membeli barang yang diperlukan. Para penjual bisa bersaing dengan penjual lain dalam menarik minat beli konsumen.

 

Kelebihan Marketplace

 

1. Kepercayaan konsumen cukup tinggi

 

Jika sudah mendapat kepercayaan konsumen, mereka akan lebih memilih mencari produk yang dibutuhkan melalui platform yang sudah mereka percaya. Hal tersebut dikarenakan platform tersebut biasanya telah melakukan quality control terhadap seluruh vendor atau penjual untuk memastikan keamanan dalam transaksi pembelian.

 

2. Lebih efektif dan efisien

 

Berjualan lebih efektif karena penjual dapat menjual produk di satu tempat memiliki minat audiens. Meski memang banyak toko yang serupa, namun tidak menutup kemungkinan barang yang disediakan tetap laku.

 

3. Pilihan terbaik bagi UMKM

 

UMKM bisa menggunakan platform ini ini untuk menjangkau konsumen baru. Hal tersebut dikarenakan platform ini menyasar calon konsumen potensial sesuai dengan kriteria. Apalagi di platform belanja seperti ini terdapat fitur search, yang mana produk UMKM bisa dilihat oleh orang banyak dengan keyword tertentu.

 

Kekurangan Marketplace

 

1. Sulit mendapat kepercayaan

 

Kadang ada saja oknum jahat yang bisa melakukan scamming, penipuan, dan menjual produk palsu pada platform belanja. Hal tersebut bisa jadi kerugian bagi pihak perusahaan, penjual, dan konsumen. Oleh karena itu, penjual atau pemilik bisnis harus bisa tetap menarik minat pembeli dan meningkatkan kepercayaan konsumen, misalnya dengan memberi garansi.

 

2. Keuntungan yang terbatas

 

Karena tingkat persaingan ketat maka berimbas pada persaingan harga. Seringkali penjual harus banting harga produk jualannya untuk menarik minat konsumen. Hal tersebut mengakibatkan keuntungan jadi terbatas.

 

3. Kesulitan branding produk

 

Peluang melakukan branding sulit karena banyak konsumen yang hanya tahu nama platform-nya, tanpa tahu nama produk dan mereknya. Konsumen yang membeli, belum tentu kenal dengan merek yang menjual barang di platform tersebut. Hal tersebut dikarenakan banyaknya jenis produk serupa. Penjual hanya bisa branding melalui profil toko dan deskripsi.

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?