Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Apa Itu Analisis Pasar? Tujuan dan Pentingnya bagi Bisnis

Melalui analisis pasar, pebisnis bisa memproyeksikan apakah produknya nanti bisa diterima oleh masyarakat atau tidak.

 

Analisis pasar merupakan hal yang penting dilakukan dalam berbisnis. Analisis ini dapat menilai kondisi pasar dengan baik dan memahami segmen pelanggan yang dituju.

 

Sebelum lebih lanjut, perlu diketahui bahwa analisis pasar adalah penilaian secara komprehensif terkait pasar suatu industri, termasuk terkait pelanggan, target, tren, faktor keberhasilan dan lain-lain.

 

Dilakukannya analisis pasar juga bertujuan untuk membuat "bukti" untuk partner bisnis atau investor bahwa kita memahami pasar dengan baik serta bisnis bisa dijalankan dengan baik dan menjanjikan.

 

Analisis pasar juga sebagai bentuk evaluasi sejauh mana produk yang akan dipasarkan memenuhi harapan masyarakat. Setelah mengetahui harapan masayarakat, pebisnis bisa melakukan perbaikan atau inovasi yang diperlukan serta memiliki alasan untuk bertahan dan tumbuh.

 

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam melakukan analisis ini. Jika Anda baru atau niat membangun bisnis, mungkin hal ini perlu diperhatikan.

 

Pertama adalah memahami kebutuhan pasar. Pebisnis harus memahami secara detail kebutuhan pasar dan mengapa hal tersebut sangat dibutuhkan. Kebutuhan pasar perlu dipahami agar pebisnis bisa memproyeksikan apakah produk atau mereknya nanti bisa diterima oleh masyarakat. Semakin paham memahami kebutuhan pasar, semakin tahu apa yang harus dihadirkan.

 

Setelah memahami kebutuhan, pebisnis juga bisa semakin paham jenis promosi apa yang akan digunakan. Bisa dibilang ketika memahami kebutuhan pasar, artinya pebisnis sudah melakukan sebagian besar analisis pasar.

 

Selanjutnya, pebisnis juga bisa melakukan segmentasi. Ketika sudah memiliki kriteria sesuai yang diinginkan, maka pebisnis sudah memiliki target utamanya dan hal ini juga penting dalam analisis ini.

 

Pentingnya segmentasi agar pebisnis sadar produk yang akan dipasarkan nanti relevan dengan golongan tertentu atau masyarakat umum. Contohnya jika menjual makanan, kelompok tertentu mungkin lebih memilih harga. Namun ada kelompok lain yang mementingkan estetika atau eksklusivitas. Dua kelompok tersebut memiliki pendekatan berbeda meskipun sama-sama yang dijual produknya adalah makanan.

 

Segmentasi yang dilakukan juga bisa berdasarkan usia, lokasi, pendidikan, penghasilan atau jenis kelamin. Selain permintaan, penawaran pasar juga perlu diketahui.

 

Untuk mengetahui penawaran pasar, perlu dilakukan evaluasi jumlah dan jenis produk atau layanan yang tersedia. Ketika memahami penawaran pasar, pebisnis bisa menentukan sejauh mana pasar terpenuhi atau sebaliknya.

 

Hal lain yang perlu dilakukan dalam analisis bisnis adalah menganalisis lawan bisnis. Maksudnya, pebisnis bisa memerhatikan apa yang dilakukan lawan dan menemukan kelemahan lawan untuk menjadi pembanding atau memposisikan diri di pasar.

 

Untuk menganalisis pergerakan lawan bisnis, bisa dilakukan dengan melihat harga, kualitas, atau layanan yang ditawarkan oleh lawan. Hal tersebut bisa menjadi acuan oleh pebisnis untuk melakukan analisa pasar.

 

Langkah terakhir yang perlu diperhatikan adalah melakukan analisa pasar lebih luas dengan melihat faktor politik, teknologi, dan ekonomi. Hal tersebut dilakukan untuk mengidentifikasi tantangan apa yang akan muncul ke depannya.

 
 

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?