Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Tips Membuat Copywriting yang Menarik Konsumen

Menjadi ujung tombak dalam pemasaran digital, copywriting berperan besar dalam mempengaruhi calon konsumen untuk pembelian produk.  


Copywriting adalah naskah iklan yang ditulis oleh copywriter (penulis) yang disebarluaskan dengan tujuan komersial. Naskah tersebut berisi kalimat ajakan agar dapat membuat konsumen tertarik terhadap produk yang diiklankan.

 

Naskah yang dibuat pun tak bisa sembarangan karena harus bisa menghubungkan antara penjual dan pengiklan melalui konten tulisan, gambar, video, dan yang lainnya.

 

Teknik copywriting sebenarnya cukup beragam dan penggunaannya bisa disesuaikan sesusai kebutuhan. Namun yang perlu ditekankan, naskah iklan yang berhasil adalah yang mampu mendorong dan memotivasi perilaku konsumen untuk membeli produk yang dipromosikan.

 

Berikut teknik membuat copywriting untuk menarik konsumen.

 

1. Fokus pada jenis bisnis

 

Adapun tujuan utama dalam pembuatan naskah iklan adalah mengenalkan produk kepada masyarakat melalui konten yang menarik, mudah dipahami dan persuasif. Oleh karena itu, seorang penulis harus fokus menjelaskan bisnis yang akan diiklankan agar pesan iklan dapat tersampaikan dengan jelas dan tepat sasaran.

 

2. Tonjolkan keunggulan produk

 

Naskah iklan jangan bertele-tele dan langsung menonjolkan keunggulan dan manfaat produk sehingga bisa menjadi pertimbangan konsumen ketika membandingankannya dengan pesaing. Semakin menarik naskah iklan yang dibuat maka akan semakin efektif. Kenapa? karena audiens akan mudah membaca, memahami, dan mengingatnya.

 

3. Ikuti kaidah SEO

 

SEO atau Search Engine Optimization kini menjadi proses yang tak boleh terlewatkan dalam memaksimalkan naskah iklan. Penulisan sesuai kaidah SEO akan memudahkan konsumen dalam mencari naskah iklan Anda.

 

Tak hanya bicara soal page ranking di Google saja, SEO juga bisa meningkatkan kuantitas pembaca atau traffic. Semakin banyak orang yang membaca naskah iklan Anda, maka semakin besar pula peluang nilai transaksi pembelian yang akan didapatkan.

 

4. Maksimalkan Direct Response Copywriting

 

Untuk meningkatkan penjualan, bentuk optimalisasi copywriting yakni dengan mengarahkan pelanggan pada tombol Call to Action (CTA). Kemudahan digital marketing akan membawa mereka melakukan pembelian melalui halaman yang telah disiapkan.

 

Langkah selanjutnya yaitu membangun respon langsung dari konsumen dengan meninggalkan testimoni atau ulasan positif. Selain meningkatkan kepercayaan, tampilan ualasan juga bisa membuat halaman tersebut lebih menarik.

 

5. Penuhi aspek copywriting

 

Adapun tips dalam copywriting selanjutnya adalah memenuhi empat aspek dalam copywriting, yaitu attention (perhatian), interest (menarik), desire (keinginan), dan action (tindakan). Keempat komponen tersebut sebaiknya muncul dalam setiap konten sehingga pembaca tidak bosan dengan penyampaian yang diberikan.

 

6. Sisipkan kata-kata ajaib

 

Kata-kata ajaib terkadang dibutuhkan untuk membuat naskah iklan lebih mencuri perhatian. Seperti kata rahasia, ampuh, sakti, dan lainnya. Kata-kata ini bisa disematkan pada kalimat yang menjelaskan manfaat atau keunggulan dari sebuah produk.

 

Strategi bisnis

 

Persaingan yang kompetitif memang semakin ketat dalam dunia bisnis, namun penting untuk mempertahankan prinsip kejujuran. Fokuslah dalam meningkatkan penjualan, meningkatkan kualitas produk, mengoptimalkan pelayanan dan menciptakan inovasi produk yang lebih baik.

 

Selain bersaing secara sehat, hal lain yang juga patut diperhatikan adalah membuat strategi bisnis secermat mungkin, salah satunya dengan membuat copywriting terbaik agar brand semakin dikenal masyarakat dan bisnis dapat terus berkembang pesat. 

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?