Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Tips dan Trik Membuat Tagline Unik untuk Iklan

Selain meningkatkan brand awareness, tagline unik untuk iklan juga bisa memberikan dampak signifikan pada penjualan.

 

Membuat tagline unik sangat penting untuk iklan. Di sisi lain, membuatnya dengan sempurna adalah hal yang menantang dan memerlukan beberapa kali upaya untuk berhasil.

 

Perlu diketahui bahwa tagline adalah kalimat singkat yang memiliki tujuan untuk branding sebuah produk atau bisnis serta memengaruhi sebuah merek.

 

Mengapa penting membuat tagline iklan? Hal tersebut dikarenakan akan memengaruhi merek dalam jangka panjang dan menetap di pikiran audiens. Oleh sebab itu, selain unik, tagline juga dibuat dengan singkat tapi padat dan memiliki value.

 

Tagline unik untuk iklan memberikan dampak yang kuat pada tren pembelian konsumen. Hal tersebut dikarenakan banyak orang akan menarik dalam hitungan detik yang mana juga meningkatkan brand awareness.

 

Selain itu, tagline unik untuk iklan juga berfungsi untuk membedakan dengan kompetitor lain di bidang yang sama. Jika tidak ada pembeda, citra merek tidak terlihat spesial dan terlihat seperti merek lain di pasaran.

 

Mengutip berbagai sumber, penting diketahui bahwa yang terbaik mampu menampilkan “kepribadian” suatu merek. Contohnya Apple dengan "Think Different" yang ingin menyampaikan bahwa mereka unik, begitu pula konsumennya.

 

Selain itu, merek tersebut juga berhasil "melabeli" dirinya sebagai perangkat bagi banyak individu kreatif dan elit. Hal ini yang membuat mereka bisa menetapkan harga lebih tinggi dibandingkan kompetitor.

 

Berikut langkah-langkah membuat tagline unik untuk iklan;

 

1. Buat yang sederhana

 

Kunci menarik perhatian audiens dengan mudah adalah membuatnya dengan singkat, jelas, dan mudah dipahami. Hindari membuat kalimat panjang yang membosankan dan membingungkan audiens. Selain membuatnya dengan sederhana dan jelas, buat kata-kata yang umum dan menyenangkan.

 

Tingkatkan kata-kata dan buat audiens melihat merek bisnis Anda lebih menarik dari kompetitor. Ingatlah bahwa pebisnis atau pengiklan hanya memiliki waktu beberapa saat untuk menarik perhatian audiens. Kata-kata yang bagus akan melekat pada seseorang meskipun hanya mendengarnya sekali.

 

2. Buat kata-kata yang berarti

 

Untuk membuatnya unik, harus dipastikan bahwa kata-kata yang dirangkai dapat menyampaikan makna langsung atau tidak langsung serta dapat mengungkapkan tujuan, visi, atau makna di balik merek. Selain itu, buat yang efektif dengan mengkomunikasikan manfaat utama yang mendefinisikan merek mereka atau membedakannya dari kompetitor.

 

3. Sedikit testimoni konsumen

 

Testimoni konsumen bisa dimanfaatkan dan menumbuhkan kepercayaan calon konsumen. Testimoni tersebut bisa didapatkan dengan menyebar kuesioner atau mengambilnya secara daring. Kata-kata positif dari konsumen bisa dikembangkan dan dibuat lebih kreatif. Sehingga nantinya bisa dijadikan sebagai bahan pengiklanan.

 

4. Rangkum dan uraikan

 

Ada baiknya sebelum membuatnya, mencatat semua informasi terkait merek dan merangkumnya. Biasanya ketika informasi mengerucut, idenya justru bermunculan lebih banyak. Deskripsi singkat dari merek bisa dimanfaatkan menjadi kata-kata yang lebih singkat dan menarik perhatian. Selain itu, deskripsi dari sebuah merek juga bisa menjadi pembeda dari merek kompetitor.

 

</p class="adn>

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?