Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Strategi Ampuh Mencapai Target Penjualan Bisnis

Yuk kenali metode SMART, salah satu cara menentukan target penjualan secara terukur agar dapat sesuai harapan.  

 

Target penjualan menjadi salah satu tujuan bisnis agar dapat meraup keuntungan. Namun dalam menentukan seberapa besar target yang akan dicapai, pelaku usaha tak bisa sembarangan karena harus memiliki strategi pemasaran yang cermat dan matang.

 

Sebenarnya mencapai target penjualan tidaklah sulit, namun ketidakpahaman mengenai strategi penjualan akhirnya membuat sebagian pelaku bisnis gagal saat melakukan pemasaran, alhasil mereka pun banyak yang gagal dan gulung tikar.

 

Berikut sederet langkah yang bisa dilakukan pebisnis agar target penjualan bisnis dapat tercapai.

 

1. Kenali tujuan bisnis

 

Sebelum menentukan strategi pemasaran dan penjualan yang tepat, seorang pebisnis harus mengenal terlebih dahulu tujuan dari bisnisnya. Dengan mengenali tujuan yang diinginkan, maka perusahaan juga bisa lebih fokus terkait langkah-langkah bisnis yang akan dilakukan dalam jangka pendek, menengah hingga jangka panjang.

 

2. Kenali target audiens

 

Tahap kedua yang bisa dilakukan yakni dengan mengenal target audiens dari produk yang akan dipasarkan. Anda harus mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh audiens, dalam hal ini konsumen. Sehingga setiap roduk yang diluncurkan akan selalu dinanti dan diburu oleh target audiens.

 

3. Analisi pasar

 

Hal terpenting yang tak boleh terlewatkan adalah melakukan analisis pasar, di mana perusahaan atau pebisnis harus melihat bagaimana produk yang ditawarkan kompetitor.

 

Analisis ini sangat bermanfaat karena perusahaan bisa membuat strategi pasar yang tepat agar produk yang ditawarkan terlihat lebih unggul dan menonojol dibandingkan dengan produk pesaingnya.

 

Bahkan cara ini juga bisa membantu perusahaan dalam menentukan media promosi yang akan digunakan. Apakah media promosi Out of Home (OOH), Digital Out of Home (DOOH), media sosial atau yang lainnya.

 

4. Hitung sederhana target pengeluaran dan pendapatan

 

Ketika ketiga tahapan di atas sudah dilakukan, maka cobalah Anda membuat target dan perhitungan sederhana terkait biaya operasional dan keuntungan yang diingnkan. Dari situ akan tergambar secara sederhana berapa target penjualan yang diinginkan.

 

5. Tentukan target dengan metode SMART

 

Salah satu cara menentukan target penjualan secara terukur adalah dengan menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound). 


 

  • Specific (spesifik): Target perlu memiliki dasar pencapaian yang jelas dan sudah pasti. Misal jika perusahaan menargetkan 1.000 produk terjual dalam periode sebulan, dari sini perusahaan bisa mengukur dan evaluasi terkait keberhasilan target penjualan.
  • Measurable (dapat diukur): Perusahaan bisa menghitung tingkat keberhasilan penjualan pada periode tertentu. Misal dengan membandingkan hasil penjualan bulan ini dan bulan lalu.
  • Achievable (dapat dicapai): Jika penjualan sebelumnya terbilang sukses, maka target bisa diubah atau ditingkatkan dari 1.000 menjadi 1.500 produk per bulannya.
  • Relevant (relevan): Target harus ditentukan secara realistis dan relevan dengan kondisi perusahaan, sehingga cara menentukan target penjualan setiap perusahaan mungkin saja berbeda.
  • Time-bound (berbasis waktu): Tanpa adanya batas waktu, nilai pencapaian akan sulit untuk diketahui. Biasanya target dibuat dalam jangka waktu tertentu untuk dapat mengetahui pencapaiannya. Ketika masa target berakhir, evaluasi akan dilakukan.

 

6. Monitoring dan evaluasi 

 

Langkah terkahir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan monitoring dan evaluasi terkait hasil penjualan. Evaluasi perlu dikelakukan secara berkala dan konsisten agar perusahaan bisa memperbaiki atau merubah strategi ketika target penjualan tidak tercapai.

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?