Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
5 Strategi Creative Branding agar Bisnis Berhasil

Strategi creative branding adalah satu-satunya senjata rahasia yang dapat membawa bisnis Anda berkembang ke tingkat yang lebih tinggi.   

 

Di balik kesuksesan para pemimpin industri besar seperti Apple dan Amazone, ada upaya ekstra yang dilakukan mereka. Bukan hanya soal keberuntungan, melainkan strategi creative branding yang dilakukan perusahaan untuk memikat audiens.

 

Pebisnis harus menginvestasikan banyak waktu sambil meneliti poin-poin penting industri, memahami apa yang diharapkan konsumen, serta mempersiapkan strategi merek terstruktur yang benar-benar berhasil dan menghasilkan kesuksesan. Dan aspek terpenting yang perlu diperhatikan sepanjang perjalanan bisnis adalah branding.

 

Tidak peduli apakah perusahaan Anda adalah perusahaan rintisan baru atau perusahaan yang sudah mapan, Anda harus memiliki strategi creative branding yang kuat untuk menjangkau target pasar, serta meyakinkan mereka untuk berinvestasi pada produk Anda. Dengan citra merek yang kuat maka bisnis pun akan mencapai puncak dan bahkan membantu merek lebih menonjol dibandingkan pesaing

 

Berikut 5 strategi creative branding agar merek lebih menonjol: 

 

1. Konten pemasaran adalah kunci

 

Strategi konten pemasaran (content marketing) bekerja dengan menawarkan jalur informasi yang dicari oleh calon konsumen. Selain mempromosikan merek kepada audiens, konten iklan juga harus relevan dan mudah dipahami.

 

Nah, dalam hal ini konten pemasaran menjadi sangat penting. Anda perlu menyertakan konten yang benar-benar dicari konsumen maupun calon konsumen. Strategi pemasaran konten yang hebat pasti membantu menghasilkan prospek yang lebih baik dan membangun kepercayaan konsumen.

 

2. Pentingnya logo merek

 

Banyak pemilik bisnis mengabaikan pentingnya desain logo, mereka menganggapnya sebagai tugas termudah dan kurang penting yang tidak akan memakan waktu lama. Padahal logo adalah identitas merek dan salah satu elemen paling berharga.

 

Sebuah logo tidak hanya sekadar menyebutkan nama bisnis, namun juga mendapatkan kepercayaan dan menjadi salah satu hal pertama yang dilihat calon konsumen saat berinteraksi dengan merek Anda. Logo yang baik akan menanamkan kepercayaan, kredibilitas, dan daya ingat di mata konsumen.

 

Jadi jangan pernah lupa bahwa logo merek sangat mewakili bisnis, yang dapat "meningkatkan" atau "menghancurkan" suatu bisnis.

 

Jadi, Anda harus menginvestasikan waktu yang baik saat menentukan logo merek. Ambillah inspirasi dari merek besar lainnya namun jangan mencoba meniru logo mereka karena bisnis Anda perlu memiliki identitas.

 

Jaga logo agar tetap unik, sederhana sehingga mudah diingat oleh konsumen dan pastikan ide bisnis terlihat jelas dari logo itu sendiri. Pekerjakan desainer logo profesional yang memiliki spesialisasi dalam bidang ini dan membantu merek berkembang.

 

3. Carilah klien berprofil tinggi

 

Anda harus mencoba mencari beberapa klien terkenal agar memiliki kualitas yang baik untuk dipresentasikan di hadapan calon konsumen dan pasar. Karena orang-orang ingin melihat klien paling bergengsi yang pernah Anda tangani, dan jika perusahaan Anda memilikinya, maka perusahaan dengan mudah menjangkau target pasarnya.

 

Selain itu, buatlah beberapa studi kasus yang meyakinkan secara jelas membahas detail proyek klien sehingga audiens dapat memperoleh gambaran lengkap tentang alur kerja perusahaan Anda, keahlian yang dimiliki, waktu penyelesaian proyek, dan banyak lagi.

 

4. Kehadiran media sosial yang kuat

 

Apapun segmen bisnis yang digeluti, kehadiran media sosial yang kuat adalah suatu keharusan bagi semua jenis bisnis. Karena sebagian besar calon pelanggan di dunia saat ini aktif di media sosial, bisnis pun perlu memiliki kehadiran media sosial yang kuat di semua platform termasuk- Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya.

 

Selain melalui metode pemasaran tradisional, mengandalkan strategi media sosial memungkinkan menjangkau calon pelanggan dengan mudah dan membangun kesadaran merek di industri. Jadi, Anda dapat menargetkan audiens yang lebih luas dengan upaya dan waktu minimal sambil mengerjakan strategi media sosial yang kuat.

 

Perlu diketahui, ada sebagian besar orang yang tidak suka membaca paragraf panjang atau teks yang ditulis melalui situs web dan lebih memilih menonton video, oleh karenanya bisnis perlahan-lahan juga perlu mengambil langkah cepat dalam memproduksi video. Faktanya, sembilan dari sepuluh orang menganggap video lebih meyakinkan dan relevan dibandingkan dengan teks.

 

Jadi, cobalah membuat video menarik yang dapat membantu konsumen mengenali nama merek Anda. Ini akan memungkinkan mereka berinvestasi dalam bisnis dibandingkan pesaing lainnya. Setelah selesai dengan video, Anda bahkan dapat mencoba berbagai media visual dan grafik yang dapat membantu membawa bisnis melaju ke tingkat berikutnya.

 

5. Bijak mengambil keputusan

 

Terlepas dari teknik branding ini, Anda juga harus mengingat tentang pemasaran email. Pastikan Anda menggunakan informasi yang relevan dan menggunakan desain email profesional yang dapat membantu menarik perhatian konsumen. Pastikan semua email memiliki baris subjek yang menarik, unik, dan cukup singkat. Coba gunakan gambar yang relevan di bagian pesan.

 

Banyak tren pemasaran yang datang dan pergi, namun branding akan selalu relevan, dan merupakan faktor terpenting dalam kesuksesan sebuah merek. Pencitraan merek akan tetap menjadi prioritas utama dan teknik pemasaran yang paling penting dan efektif secara global. Tidak peduli apakah Anda adalah bisnis startup atau merek terkenal, branding adalah bagian penting dari setiap bisnis yang dapat membawa bisnis ke tingkat yang lebih tinggi.

 

Citra merek yang kuat akan tetap menjadi indikator yang dapat meningkatkan visibilitas bisnis baik online dan offline. Hingga pada akhirnya, bisnis pun akan merasakan hasil Return of Investment (ROI) yang lebih baik.

 

Oleh karenanya, penting untuk memilih jasa periklanan yang tepat dan bisa membantu perusahaan Anda membangun creative branding agar membuat bisnis sukses dan berhasil.

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?