Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
5 Alasan Outdoor Advertising Efektif untuk Bisnis Lokal

Siapa bilang media outdoor advertising tak efektif? ini dia sederet keistimewaanya yang bisa mendongkrak penjualan

 

Di era digital, dunia pemasaran memang mengalami pergeseran, di mana banyak pelaku bisnis yang lebih memilih menggunakan digital marketing seperti google Ads sebagai sarana untuk mempromosikan produk atau brand mereka.  

 

Namun di balik fenomena tersebut, outdoor advertising (iklan luar ruangan) masih menjadi pilihan. Para pelaku bisnis, khususnya pebisnis lokal percaya bahwa outdoor advertising seperti spanduk, baliho, billboard, neon box dan media outdoor lainnya memiliki keunggulannya tersendiri, yang bisa membuat usaha mereka bisa tetap eksis hingga saat ini.  

 

Berikut 5 alasan Outdoor Advertising masih menjadi pilihan untuk bisnis lokal  

 

Jangkauan Luas 

Meski Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak, namun tidak semua masyarakat, khususnya yang tinggal di daerah memiliki akses tersebut. Fakta itu pun jelas membuat media luar ruangan lebih efektif bagi bisnis lokal tanpa harus memandang usia, status maupun kelas ekonomi. Artinya, media luar ruangan memiliki segmen pasar yang cukup luas.  

 

Lebih Hemat Biaya

Jika membandingkan dengan biaya iklan di media sosial, pemasangan billboard maupun baliho memang lebih mahal. Namun, jika melihat target pasar yang bisa tercapai dengan jangkauan yang jauh lebih luas, maka penggunaan Outdoor Advertising pun justru lebih efektif dan menguntungkan. 

 

So, jangan terkecoh dengan biaya iklan saja ya, pelaku bisnis juga harus membandingkan biaya dan hasil yang didapat, apakah produk yang dipromosikan berhasil laris dipasaran atau tidak.  

 

Cocok untuk Bisnis Lokal

Iklan luar ruangan memang sangat cocok bagi pebisnis yang memang menargetkan konsumen lokal sebagai target pasar utama produk mereka. Pemasangan baliho disuatu daerah misalnya, pasti akan membuat masyarakat sekitar pun lebih mudah mengingat pesan iklan yang ada dalam baliho tersebut, sehingga dapat membuka peluang calon konsumen lebih banyak.  

 

Iklan Sepanjang Waktu

Kok bisa media outdoor sepanjang waktu? Ya, iklan di media sosial atau internet pasti akan terbatas oleh waktu tertentu bahkan cepat terganti.

 

Hal tersebut berbeda dengan media iklan luar ruangan, meski masih konvensional namun promosi produk menggunakan baliho, spanduk atau billboard misalnya akan terpampang 24 jam non stop, bahkan bisa sebulan, setahun atau selamanya tergantung kesepakatan antara pelaku bisnis dan pihak jasa iklan tersebut.  

 

Meningkatkan Pemasukan Daerah

Pemasangan baliho, billboard, dan media outdoor lainnya ternyata diharuskan membayar pajak dan retribusi reklame kepada pemerintah daerah setempat. Artinya, ketika kamu membayar pajak tersebut maka otomatis hal itu akan membantu meningkatkan pemasukan daerah.

 

Dengan patuh membayar pajak, kamu secara tidak langsung ikut berkontribusi dalam membangun wilayah tersebut. Pasalnya, pendapatan pajak biasanya akan kembali didistribusikan kepada masyarakat melalui program-program daerah yang dapat mensejahterakan rakyat.                        

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?