Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Pentingnya Manajemen Bisnis dalam Pengembangan Usaha

Manajemen bisnis merupakan aspek krusial yang wajib diperhatikan agar perusahaan mampu menghadapi berbagai tantangan.   

 

Dapat meningkatkan performa perusahaan, manajemen bisnis menjadi faktor yang harus dilibatkan dalam strategi pemasaran. Dengan kata lain, manajamen bisnis adalah sebuah perencanaan, pengelolaan hingga pengawasan suatu usaha.

 

Secara esensial, manajemen bisnis merupakan suatu proses yang mengatur sumber daya dalam sebuah organisasi, termasuk manusia, uang, dan material, demi mencapai tujuan tertentu. Proses ini dinilai penting lantaran mampu menciptakan kesuksesan bisnis di masa depan.

 

Adapun beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam manajemen suatu bisnis yaitu mengoptimalisasi sumber daya, pencapaian tujuan, peningkatan kinerja, dan adapatasi terhadap perubahan seperti regulasi, teknologi, dll.

 

Berikut sederet fungsi manajemen bisnis

 

1. Perencanaan

 

Perencanaan yang baik dan akan membuat usaha terus berkembang, sebab itu perencanaan biasanya menjadi tahapan pertama yang harus dilakukan oleh pebisnis. Melalui perencanaan yang baik maka aktivitas pemasaran juga akan lebih terarah dan terukur.

 

2. Pengelompokan

 

Langkah ini merupakan proses pembagian divisi sesuai keahlian sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan . Pengelompokan yang dilakukan akan mempermudah pekerjaan sehingga teroganisasi dengan baik dan tidak saling tumpang tindih tugas.

 

3. Sumber daya

 

Dengan memahami sumber daya yang memiliki, maka perusahaan akan lebih yakin dalam memberikan keputusan terkiat potensi apa yang akan dikembangkan .

 

4. Pengaturan

 

Adapun fungsi selanjutanya dari manajemen bisnis adalah pengaturan yang dapat mempermudah kinerja karyawan sehingga performa akan meningkat. Dalam hal ini, pengaturan dalam manajemen juga diperlukan untuk menentukan reward and punishment bagi sumber daya.

 

5. Pengawasan

 


Manajemen juga berperan besar pada bentuk pengawasan. Sehingga perusahaan bisa mengetahui secara detail potensi apa yang kurang terkesplore dan target apa saja yang sudah tercapai atau perlu ditingkatkan.

 

Seperti diketahui, pengawasan penting dilakukan agar perusahaan bisa segera mengatur strategi baru ketika capaian bisnis jauh dari target yang diinginkan.

 

Pengunaan data

 

Namun agar manajemen yang dilakukan memberikan hasil maksimal, ada baiknya perusahaan juga perlu memanfaatkan berbagai data seperti data pelanggan, data penjualan, data operasional, serta data keuangan. 

 

Dengan mengombinasikan berbagai data tersebut, maka pada masa yang akan datang perusahaan akan membuat keputusan yang jauh lebih tepat dan cermat dalam berinvestasi maupun dalam menyusun strategi pemasaran.

 

Manajemen dalam bisnis memang merupakan aspek krusial yang wajib diperhatikan, agar perusahaan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama meski berbagai tantangan bisnis silih berganti dari masa ke masa.

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?