Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Panduan Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Meraup cuan dari bisnis online, ini langkah-langkah yang harus dilakukan dan diperhatikan oleh pemula.  

 

Bisnis online kini semakin diminati karena potensinya yang begitu besar. Selain modal yang dibutuhkan lebih efiisien karena tak harus menyewa tempat, bisnis ini juga lebih fleksible karena bisa dipantau kapan pun dan di mana pun.

 

Namun memulai suatu bisnis bukanlah hal mudah, terlebih bagi pemula yang belum memiliki pengalaman dalam menjalankan usaha. Alih-alih berharap mendapatkan keuntungan, strategi bisnis yang kurang tepat justru bisa menjadi "boomerang" dan berpotensi mengalami kerugian.

 

Guna mencegah hal tersebut, berikut langkah-langkah yang wajib dilakukan pemula sebelum memulai bisnis, antara lain:

 

1. Riset pasar 

 

Riset pasar menjadi hal yang paling penting dalam memulai bisnis baru agar bisa mendapatkan data terkait peluang usaha yang menjanjikan. Dari upaya ini, Anda bisa melihat tren pasar hingga jenis usaha yang akan dipilih.

 

Bahkan, riset juga bisa memberikan data analisis terkait produk apa yang dibutuhkan oleh konsumen, apa saja keunggulan dan kelemahan kompetitornya, hingga siapa yang menjadi target audiensnya. Data ini bisa menjadi pertimbangan penting sebelum memutuskan jenis bisnis yang akan dijalankan.

 

2. Pilih bisnis yang dikuasai

 

Jangan pernah memulai bisnis yang tidak dikuasai karena dipastikan akan sulit berkembang. Oleh karena itu, pemula bisa memulai jenis bisnis yang memang disukai dan sesuai passion. Selain lebih mudah berinovasi, Anda juga bisa lebih bersemangat karena menjalani bisnis sesuai apa yang diingkan.

 

3. Buatlah strategi bisnis

 

Sekecil apapun bisnis yang dijalani tetap harus memiliki strategi yang cermat agar lebih terukur dan terarah. Strategi bisnis bisa dimulai dengan menyusun proyeksi anggaran (modal, pendapatan, pengeluaran, keuntungan). Selanjutnya, gunakanlah media periklanan agar promosi yang dilakukan lebih optimal dan target pasar bisa tercapai.

 

4. Branding 

 

Branding akan membantu bisnis lebih dikenal masyarakat luas dan mendorong angka penjualan yang tinggi. Produk dapat lebih mudah terjual ketika konsumen memahami identitas dan value dari produk tersebut.

 

Dalam meningkatkan brand awareness, Anda bisa menggunakan media periklanan seperti media sosial, website dan lainnya. Buatlah konten iklan yang bisa mencuri perhatian dengan menonjolkan desain yang unik serta pesan yang mudah dipahami oleh audiens.

 

5. Analisis dan evaluasi

 

Evaluasi merupakan elemen yang sangat penting dalam bisnis, terlebih bagi pemula yang belum memiliki konsumen yang banyak. Dari evaluasi, Anda bisa mengetahui sekaligus menganalisis apa saja target-target yang belum tercapai hingga penyebabnya. Evaluasi juga bisa mempengaruhi keputusan yang akan Anda ambil kedepannya.

 

Bagaimana, sudah siap memulai bisnis online?  

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?