Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Mengulik Kecanggihan Iklan Anamorphic Billboard yang Mendunia

Fenomenal, seperti apa sebenarnya kecanggihan iklan anamorphic billboard yang semakin populer di dunia periklanan?   


Dalam beberapa tahun terakhir penggunaan iklan anamorphic billboard di berbagai negara meningkat tajam. Semua berawal dari animasi kucing calico anamorphic pada billboard 3D yang tampilkan di Shinjuku, Tokyo, Jepang, hingga akhirnya menyebar dengan cepat ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

 

Fenomena seekor kucing calico yang direkayasa secara digital terlihat sedang bermain dan menarik perhatian pengunjung, di mana pengunjung bahkan sengaja berhenti dan menikmati ilusi optik yang terpampang pada layar billboard di atas Gedung Cross Shinjuku, Jepang.

 

Ilusi optik yang dihasilkan tersebut dinamakan anamorphic yang memberikan sensasi kepada penonton bahwa objek yang ditampilkan seolah-olah terlihata nyata dan interaktif.


 

Anamorphic Billboard 3D. (Keisuke Tanigawa/timeout.com) Iklan Anamorphic Billboard. (Keisuke Tanigawa/timeout.com)

 

Lalu, bagaimana ilusi optik dari animasi anamorphic dikonstruksi untuk memperkaya industri kreatif periklanan?

 

Ilusi optik ini dipelajari dengan teori dari psikologi persepsi dan komunikasi visual, khususnya melalui teori Gestalt dan bahasa visual. Ilusi optik yang dihasilkan adalah efek menipu pada indera mata yang memainkan isyarat jarak melalui anamorphic, isyarat ruang maya melalui oklusi, dan penerapan teknologi digital baik dalam aspek pemilihan maupun produksi konten dengan karakter kucing sebagai aspek presentasi publik.

 

Namun fenomena tersebut menjadi viral karena adanya para pengunggah di media sosial yang berperan menyebarkan ilusi tersebut ke seluruh dunia.

 

Siapa saja sebenarnya target audiens iklan efek 3D?

 

Jika penontonnya terbatas pada area tertentu, tentu saja bukan hanya pejalan kaki yang berada di dekatnya. Seperti dalam banyak kasus, dampak terbesar datang melalui online, kapan dan di mana posisi menonton terbaik dapat dipilih, diambil, dan kemudian dibagikan melalui media sosial. Hal inilah yang membuat iklan brand tersebut viral dan dikenal oleh masyarakat luas.

 


 

Tantangan membuat anamorphic billboard 

 

Adapun tantangan dalam membuatnya adalah kreativitas, pembuat iklan harus mengambil gambar datar dan memanipulasinya agar tampak berdimensi dan terlihat dari sudut pandang tertentu, serta menciptakan ilusi kedalaman dengan memanipulasi skala dan ukuran gambar berdasarkan sudut pandang penonton.

 

Di sisi lain, biaya dan tenaga kerja dalam pembuatan iklan anamorphic billboard sangatlah mahal. jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan papan reklame anamorphic, maka Anda harus benar-benar menyiapkan anggaran yang besar.

 

Sejauh ini, diketahui beberapa brand ternama yang sudah menggunakan media iklan ekslusif tersebut adalah PlayStation, Netflix, Fortnite, Nike, dan lainnya.

 

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan anamorphic billboard sebagai media promosi brand Anda?  

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?