Selama bertahun-tahun, billboard telah menjadi elemen kampanye periklanan pemasaran yang efektif dan andal. Para pebisnis pun berupaya mengoptimalkan hasil iklan billboard agar bisa mengejar target pasar.
Namun, iklan billboard memiliki seperangkat aturan yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan media lain. Media ini harus menceritakan sebuah kisah tentang perusahaan atau produk dengan menggunakan gambar dan sedikit kata yang menggugah pikiran audiens. Dalam hal ini pebisnis harus kreatif membuat iklan yang menciptakan dampak instan pada konsumen. Berikut tips dan trik mengoptimalkan hasil iklan billboard:1. Targetkan audiens
Sebagai bagian dari proses desain, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenali target audiens. Pikirkan tentang jenis iklan apa yang akan menjangkau mereka. Menampilkan keinginan audiens akan membantu Anda membuat keputusan penting tentang desain dan penempatan iklan.
2. Cegah kebosanan iklan
Hibur audiens dengan iklan papan reklame. Biarkan papan reklame memicu imajinasi sekaligus mendorong audiens untuk mencari informasi lebih lanjut tentang bisnis Anda.
3. Berpikir lebih keras
Terkadang aspek tersulit dalam membuat iklan billboard adalah memikirkan skala gambar dan teks. Anda harus ingat bahwa pemandangan papan reklame sering kali berada pada jarak 500 kaki atau lebih.
4. Penulisan kalimat
Pengendara mobil, pengendara sepeda, dan pejalan kaki melirik papan reklame dengan cepat dan tidak punya waktu untuk membaca pesan yang panjang dan berlarut-larut tentang bisnis Anda. Aturan praktisnya adalah menjaga teks tetap terdiri dari tujuh kata atau kurang. Jika Anda tidak dapat menyampaikan pesan perusahaan dengan kalimat singkat, iklan billboard pun tidak akan memberikan hasil yang memuaskan.
5. Ingat keterbacaan
Meskipun Anda menyukai font yang mewah, itu bukanlah pilihan yang baik untuk iklan luar ruang. Gunakanlah font sederhana, besar dan dapat dibaca dari jarak jauh.
6. Gambar harus relevan
Jika perusahaan Anda memiliki banyak produk, pilih salah satu produk untuk ditampilkan di papan reklame atau gambar ikonik yang dapat diasosiasikan audien dengan produk yang ditawarkan.
7. Pilih gambar resolusi tinggi
Foto yang berbintik dan buram akan terlihat tidak menarik jika dipajang di kanvas besar seperti billboard. Sebagai pedoman, gambar billboard harus memiliki resolusi minimal 300 piksel per inci.
8. Jangan lupakan info kontak
Branding adalah suatu keharusan pada billboard. Pastikan Anda memasukkan nomor telepon bisnis dan situs web di ruang papan reklame tersebut.
9. Warna dan kontras
Pilih warna-warna berani karena akan lebih terlihat dari jarak jauh, sehingga akan mengoptimalkan hasil iklan billboard. Warna yang kontras akan meningkatkan keterbacaan. Adapun warna yang baik digunakan adalah hitam, putih, merah, kuning dan biru. Kiat sederhana ini akan membantu meningkatkan kampanye iklan papan reklame Anda.