Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Mengapa Call to Action Penting dalam Dunia Marketing?

Jadi kunci keberhasilan bisnis, ini beberapa jenis Call to Action yang bisa digunakan dalam dunia pemasaran.  

 

Call to Action (CTA) merupakan bagian dari strategy marketing berupa suatu gambar, tulisan, atau ucapan yang mendorong audiens untuk mengunjungi website, media sosial dan toko offline untuk melakukan transaksi pembelian.

 

Tujuan utama Call to Action yakni untuk meningkatkan penjualan. Tak heran, cara ini kerap disebut sebagai kunci keberhasilan bisnis, karena CTA juga bisa menganalisis perilaku konsumen sehingga perusahaan bisa membuat strategi pemasaran yang lebih tepat.

 

Intinya, CTA lebih kepada kalimat "ajakan" agar konsumen tertarik untuk menghubungi lebih lanjut akun yang tertera dalam iklan, sebelum akhirnya membeli produk yang ditawarkan. Contohnya kalimat "Segera Buat Akun dan Dapatkan Voucher 50%” atau "Order Sekarang Juga".

 

Kalimat-kalimat yang mungkin sering kita jumpai itu seakan mencoba mengajak dan mempengaruhi konsumen untuk mengikuti alur yang dibuat oleh tim marketing. Meski kalimat tersebut marak kita lihat di berbagai platform media sosial, website brand, maupun media periklanan luar ruang, akan tetapi trik itu dinilai cukup efektif dan efisien.

 

Berbagai Jenis Call to Action

 

1. Social Interaction CTA

 

CTA interaksi sosial biasanya lebih mengarahkan audiens untuk berinteraksi lebih lanjut di media sosial, sehingga bisa berdampak positif pada peningkatan engagement. Secara tidak langsung, cara ini juga bisa meningkatkan jangkauan dan hubungan interaksi dengan calon konsumen.

 

Misalnya dengan membuat konten giveaway di media sosial, seperti "Follow, Like, dan Beri Komentar" atau "Share dan Tag Pengguna Lainnya"

 

2. Purchase CTA

 

Mendorong pengunjung untuk bertransaksi, CTA pembelian biasanya hadir pada e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dll. Kalimatnya pun harus menarik dan mampu membuat audiens yang melihatnya langsung tergugah untuk melakukan pembelian.

 

3. Registration CTA

 

Biasanya CTA pendaftaran digunakan untuk promosi layanan jasa, seperti jasa kursus bahasa inggris, bimbingan belajar, dan lainnya. Untuk menarik perhatian audiens, mereka biasanya akan mempersiapkan kalimat ajakan yang bisa mempemudah pendaftaran, contohnya "Daftar Sekarang".

 

4. CTA dalam iklan Out of Home (OOH)

 

Tak hanya pada digital marketing, CTA juga kerap digunakan dalam periklanan luar ruang (OOH). Papan reklame yang terpasang di pinggir jalan atau gedung tinggi biasanya akan mencantumkan QR, no telp, hingga akun media sosial perusahaan agar audiens bisa menghubungi langsung kontak tersebut ketika tertarik pada produk yang dipromosikan.

 

Cara ini juga terbilang efektif karena memadukan media periklanan luar ruang dengan digital media yang membuat strategi pemasaran semakin optimal dan komprehensif.

 

Cara membuat CTA

 

Langkah pertama yang harus dilekaukan ketika membuat CTA adalah penggunaan bahasa yang singkat namun menarik perhatian. Di sisi lain, desain juga harus terlihat menonjol agar membuat mata audiens langsung tertuju pada kalimat ajakan tersebut. Terakhir adalah penempatan CTA harus pada posisi yang pas ketika dipasang dalam media periklanan.

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?