Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Apa Itu Brand Extension? Manfaat dan Cara Menerapkan di Bisnis

Bisa meningkatkan keuntungan dan penjualan, seberapa penting sebenarnya brand extension bagi sebuah bisnis?  

 

Brand extension adalah inovasi produk yang dilakukan oleh suatu brand untuk memperluas jangkauan konsumen sehingga memberikan keuntungan yang lebih besar pada perusahaan. Pada umumnya, brand extension dilakukan oleh perusahaan ternama yang sudah dikenal masyarakat luas.

 

Strategi ini jelas sangat mempengaruhi pada keberlangsungan suatu bisnis. Pasalnya, brand tanpa inovasi lambat laun akan ditinggalkan oleh konsumennya karena dinilai membosankan. Oleh karena itu, suatu brand penting melakukan pembaharuan dan beradaptasi dengan perkembangan tren yang ada.

 

Contohnya brand mie instan ternama yaitu Indomie yang memiliki berbagai varian rasa andalan seperti Indomie Goreng, Indomie Soto, dan Indomie Bawang. Namun saat ini varian merek mie instan tersebut sudah berkembang mengikuti rasa kekinian yang menjadi selera generasi muda seperti Indomie Geprek, Indomie Rendang, dan lainnya.

 

Selain varian rasa, Indomie juga melakukan inovasi dari segi ukuran yang lebih besar seperti Indomie Goreng Jumbo. Cara ini ternyata cukup ampuh dalam mempertahankan konsumen setia sekaligus menarik konsumen baru Indomie.

 

Cara memperluas citra merek bisnis


 

  • Mengembangkan inovasi produk serupa dengan bentuk yang berbeda
  • Memberikan sentuhan baru pada kemasan produk
  • Menambahkan keunggulan baru pada produk yang akan diluncurkan
  • Mengikuti tren kekinian yang disesuaikan dengan produk dan kebutuhan konsumen

 

Strategi menerapkan brand extension

 

Mengimplementasikan brand extension tidaklah mudah, pebisnis harus benar-benar mempersiapkan strategi secara matang agar inovasi yang dilakukan berjalan sukses.

 

Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan antara lain:

 

  • Analisis potensi pasar untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga produk yang dikembangkan bisa laku terjual.
  • Menimbang potensi dan risiko secara cermat agar dapat mengantisipasi ketika ada dampak negatif yang muncul dari produk yang baru diluncurkan.
  • Tes pasar untuk mengetahui apakah produk mendapatkan respon positif dari konsumen atau tidak, sehingga menjadi pertimbangan ketika akan memproduksinya kembali.
  • Mengukur keberhasilan pemasaran produk baru tersebut dengan cara menghitung hasil yang diperoleh dengan biaya yang dikeluarkan.

 

Manfaat brand extension

 

Selain membuat brand semakin eksis dan menciptakan pangsa pasar baru, strategi ini juga bisa membuat perusahaan memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Di sisi lain, reputasi perusahaan maupun brand juga akan semakin positif dan dipercaya oleh masyarakat. Dengan begitu brand awareness akan semakin meningkat dan semakin melekat dibenak konsumen.

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?