Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Cara Membuat Kampanye Iklan Billboard agar Tepat Sasaran

Tak hanya soal strategi, begini cara membuat kampanye iklan Billboard yang bisa membuat audiens terkesan dan terpikat.  

 

Billboard selalu mendapat tempat khusus dalam strategi pemasaran lantaran memiliki berbagai keuntungan. Selain bisa meningkatkan value brand, keberadaan Billboard di pinggir jalan juga sering kali menjadi sumber hiburan para pengendara yang melihatnya. Lalu, bagaimana sebenarnya cara membuat kampanye iklan Billboard agar tepat sasaran?

 

Elemen terpenting dari iklan billboard yang efektif saat ini adalah mudah diingat. Ketika calon konsumen mengingat merek, tujuan, atau ingin melihat lagi iklan tersebut pada perjalanan mereka berikutnya, artinya kampanye iklan sukses dan tepat sasaran.

 

Adapun cara membuat kampanye iklan Billboard tepat sasaran  adalah:  

 

1. Mulailah dengan Strategi

Kampanye billboard bukan sekadar gambar atau pesan, melainkan sebuah pengalaman. Pebisnis harus mempertimbangkan “perjalanan pembeli” secara harfiah saat calon konsumen melihat, memperhatikan, dan berusaha memahami papan reklame dalam beberapa menit tanpa mengalihkan pandangan dari jalan. Strategi lainnya yaitu iklan papan reklame harus mempertimbangkan lokasi jalan, sudut pandang, hingga pencahayaan agar iklan yang disampaikan tepat sasaran.

 

2. Pesan dan Visibilitas Billboard

Tahap selanjutnya adalah pengiriman pesan dan visibilitas. Pesan iklan harus jelas meski dibaca sekilas. Pertimbangkan pula berapa lama pengendara harus melihat papan reklame tersebut agar pesan dapat mudah diingat. 

 

3. Merancang Pesan 8 Detik

Pengendara memiliki waktu rata-rata 8 detik untuk melihat papan reklame yang lewat. Artinya, iklan Billboard tidak boleh lebih dari 8 detik untuk dipahami. Gambar, simbol, warna, dan kata-kata, semuanya harus masuk akal dalam perjalanan singkat dan bertahap melalui pandangan pengendara, baik dalam desain maupun konsep. Jika kamu harus menggunakan kata-kata, minimalkan jumlah kata.

 

4. Sebuah Gambar Bernilai 1000 Kata

Satu atau dua kata besar bisa membuat perbedaan, tapi sebuah gambar bisa menyampaikan lebih banyak hal. Gunakan gambar yang bermakna yang seolah bisa menyampaikan pesan iklan dengan baik.

 

5. Tetap Sederhana dan Jelas

Perjelas pesan apa yang ingin disampaikan dan tunjukkan kepada audiens dengan cara yang paling sederhana. Pilih satu atau dua gambar fokus dan satu atau dua kata teks sebagai dasar. Baik itu dengan gaya bahasa lucu, serius, atau menggugah selera, berikan gambaran yang jelas kepada audiens tentang pesan iklan di papan reklame.

 

6. Lokasi Strategis

Salah satu cara membuat kampanye iklan Billboard agar tepat sasaran adalah pemilihan lokasi yang strategis. Pertimbangkan lokasi terbaik untuk audiens. Pilihlah lokasi yang ramai, tidak hanya untuk arus lalu lintas, namun juga untuk kemampuan pebisnis dalam menyusun strategi hingga potensi terbesarnya.

 

7. Kesan Abadi

Terakhir, hal terpenting tentang periklanan Billboard yang sukses adalah daya ingat. Setelah pengendara atau audiens melihat papan reklame, apa yang mereka ingat? Apakah mereka mengingat merek, warna, dan simbol brand yang diiklankan tersebut? jika ya, berarti kampanye iklan Billboard anda tepat sasaran.

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?