Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Strategi Creative Branding untuk Dongkrak Citra Perusahaan

Tak hanya meningkatkan citra perusahaan, creative branding juga bisa membuat perusahaan bertahan lebih lama lantaran produk yang dipasarkan akan terus diminati masyarakat.   

 

Creative Branding menjadi salah satu taktik perusahaan dalam membangun persepsi positif terhadap brand maupun produk yang dipasarkan dalam waktu panjang.

 

Branding yang kreatif dapat membuat masyarakat pun dengan mudah mengingat produk yang dipromosikan, bahkan mungkin mereka akan langsung “jatuh cinta” pada produk tersebut dan tak mau pindah ke “lain hati”.

 

 Jika hal itu terjadi, artinya branding yang dilakukan terbilang sukses. Selain citra perusahaan menjadi positif, nilai penjualan dari produk yang dipasarkan pun akan meningkat tajam.   Namun untuk mencapai hal tersebut, perusahaan harus memiliki strategi khusus agar produk yang dipasarkan terlihat lebih unggul dan berbeda dibandingkan kompetitornya.  

 

Berikut strategi creative branding yang bisa dilakukan:

 

1. Berpikir Out of The Box  

 

Menciptakan ide-ide brilian yang berbeda dari para kompetitor akan menjadi nilai plus tersendiri lantaran bisa mencuri perhatian calon konsumen.  

 

Ya, jargon-jargon yang unik hingga tagline yang mudah diingat oleh masyarakat akan membuat brand maupun produk yang dipromosikan terlihat lebih menarik dan membuat masyarakat penasaran untuk mencobanya.

 

2. Mengikuti Perkembangan Tren  

 

Selain melakukan riset mendalam, penting juga nih untuk mengikuti perkembangan tren terkini terkait hal yang sedang banyak diminati, dicari, dan dibutuhkan masyarakat.  

 

Misalnya saja jika produk yang kamu pasarkan adalah makeup, kamu bisa melihat perkembangan yang sedang diminati oleh para wanita saat ini. Mulai dari penggunaan bahan-bahan alami yang aman bagi kulit wajah, warna lipstik yang tengah jadi tren, packaging yang simple dan menarik, hingga harga yang terjangkau alias ramah dikantong.  

 

3. Tes Pasar  

 

Kenapa perlu melakukan tes pasar? karena perusahaan dapat melihat sebenarnya produk yang mereka buat dapat diterima di masyarakat atau tidak.  

 

Caranya, perusahaan dapat mempublikasikannya terlebih dahulu di media sosial untuk melihat feedback. Jika banyak masyarakat yang tak sabar menunggu produk tersebut segera rilis atau langsung memesannya, maka creative branding yang kamu lakukan cukup berhasil.  

 

4. Endorse Influencer  

 

Influencer kini berperan cukup penting dalam mempromosikan brand atau produk yang akan dipromosikan. Namun endorse influencer tidak bisa sembarangan ya, kamu benar-benar harus memilih sosok yang sesuai dengan brand yang dipromosikan.  

 

Jika produk yang akan dipasarkan adalah makeup dengan keunggulan terbuat dari bahan-bahan alami dan ramah lingkungan. Maka kamu bisa memilih influencer yang peduli dengan lingkungan hidup, atau influencer yang memilki wajah khas Indonesia sehingga sangat cocok dengan produk makeup yang akan dibranding.  

 

Influencer yang tepat akan membuka peluang target pasar pun tercapai, di mana followers-nya akan ikut terpengaruh dan mencoba produk yang dipakai oleh idolanya.  

 

5. Pasang Iklan  

 

Iklan menjadi salah satu langkah jitu dalam creative branding suatu produk. Kamu bisa memasang iklan di media sosial dengan konten-konten menarik maupun dengan media advertising kekinian seperti videotron, billboard, neon box dan masih banyak yang lainnya.  

 

Intinya, semakin banyak iklan yang kamu buat dan sebarkan, maka semakin luas pula jangkauan informasi yang kamu sebarkan. Dengan begitu, brand kamu akan lebih popular dan citra perusahaan pun akan ikut meningkat.

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?