Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Rekomendasi Media Promosi Paling Efektif untuk Pemasaran

Rekomendasi media promosi yang efektif dalam meningkatkan bisnis, benarkah salah satunya melalui media sosial?

 

Banyaknya jenis media promosi terkadang membuat pebisnis sulit dalam menentukan pilihan. Padahal media promosi menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan brand awareness sekaligus meningkatkan pendapatan bisnis.

 

Pada dasarnya, media promosi terbagi dua, yakni secara offline dan online. Adapun contoh untuk media oflline antara lain mencakup media luar ruang seperti billboard, baliho, videotron atau papan reklame yang biasa dipasang di pinggir jalan, gedung tinggi, pusat kota, dan lainnya. Sementara untuk media online mencakup layanan digital seperti media sosial, website, maupun email marketing. 

 

Meski perkembangan dunia digital begitu pesat, namun hal itu tidak mempengaruhi peran Out of Home (OOH) Advertising atau periklanan luar ruang, karena hingga saat ini outdoor advertising masih menjadi favorit dan andalan para pebisnis dalam mempromosikan produk dan layanan mereka.

 

Berikut beberapa rekomendasi media promosi paling efektif secara online dan offline.

 

Media promosi online

 

1. Situs website

 

Kecanggihan dunia digital memang mengubah perilaku konsumen dalam membeli suatu produk. Jika dahulu mereka harus mengunjungi toko secara langsung, namun kini mereka cukup melakukan riset atau mengunjungi situs website dengan mengetik keyword produk yang diiinginkan.

 

Oleh karenanya, dalam hal ini perusahaan juga harus memaksimalkan Search Engine Optimization (SEO) agar website berjalan optimal dan semakin banyak dijumpai oleh para calon konsumen maupun konsumen tetap. Bahkan, kini banyak website suatu perusahaan yang tak hanya memberikan informasi tapi juga memberikan kemudahan layanan transaksi bagi konsumen.

 

2. Media sosial

 

Media sosial nampaknya kini menjadi primadona yang paling digemari masyarakat di seluruh Tanah Air. Selain dilengkapi dengan audio, visual, video dan lainnya, platform ini juga ternyata menjadi salah satu strategi ampuh dalam memasarkan suatu produk.

 

Dengan konten iklan yang unik, biasanya calon konsumen akan tertarik dan secara otomatis mereka akan mengunjungi akun resmi perusahaan tersebut untuk mengetahui lebih lanjut terkait jenis-jenis produk yang ditawarkan.

 

Di sinilah, pebisnis harus melihat peluang besar tersebut dengan meningkatkan interaksi dengan konsumen potensial. Yakni bisa mengadakan giveaway agar lebih menarik banyak konsumen, baik itu di Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn. Selain melalui postingan konten di media sosial, pebisnis juga bisa mengoptimalkannya melalui layanan iklan berbayar seperti Facebook Ads, Google Ads, dan lainnya.

 

3. Email marketing

 

Menjaring konsumen potensial dengan rutin mengirim newsletter melalui email marketing penting dilakukan agar bisa membangun database email yang valid. Upaya ini masih dinilai sebagai cara efektif dalam mempromosikan produk agar lebih tepat sasaran.

 

Media promosi offline

 

1. Billboard

 


Billboard merupakan salah satu media periklanan luar ruang berupa papan reklame berukuran besar yang biasa dipasang di lokasi strategis seperti pusat perbelanjaan, pinggir jalan, pusat perkantoran, dan lainnya. 

 

Selain ampuh meningkatkan visibilitas, billboard juga masih dinilai efektif dalam mengenalkan suatu produk kepada khalayak luas. Bahkan media luar ruang ini juga mampu membangun citra perusahaan secara positif.

 

2. Vehicle advertising

 

Pemasangan iklan di kendaraan atau transportasi umum kini menjadi salah satu terobosan yang dilakukan banyak perusahaan. Pasalnya, pengguna transportasi umum seperti bus, kereta api, atau pesawat bisa mencapai puluhan ribu orang per harinya bisa mempermudah suatu produk dikenal audiens.

 

Asalkan produk yang diiklankan harus relevan dengan kebutuhan audiens. Misalnya saja iklan air mineral, makanan ringan, dan lainnya yang sekiranya memang kerap dipakai atau dikonsumsi oleh para pengguna transportasi umum.

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?