Punya peranan penting dalam pengembangan bisnis, ini keuntungan menggunakan brand ambassador dalam promosi produk.
Melihat tren pemasaran saat ini, banyak pelaku bisnis memilih untuk menggunakan brand ambassador (BA) dalam mempromosikan produk. Bahkan banyak perusahaan terkesan berlomba-lomba memilih artis, tokoh, maupun influencer terbaik untuk menjadi BA mereka.
Ya, brand ambassador atau duta merek memang memiliki peran penting dalam marketing campaign agar dapat menarik konsumen dan membuat produk laris di pasaran. Di sisi lain, mereka juga tak hanya membuat orang ingin mencoba produk baru, tapi juga membangun image brand dalam skala mikro maupun makro.
BA biasanya dipilih dari kalangan orang yang mampu mempengaruhi masyarakat sehingga berdampak positif dan signifikan pada penjualan. Oleh karena itu, pebisnis tak bisa sembarangan dalam memilih duta merek, karena harus relevan dengan produk yang ditawarkan.
Misalnya saja untuk brand hijab, maka pilihlah artis atau influencer yang memang dikenal sebagai muslimah yang berhijab agar target pasar dapat tercapai. Begitu pun ketika memilih duta merek untuk produk olahraga maka Anda bisa memilih atlet atau artis yang memang penggiat olahraga untuk menjadi BA.
Namun dalam kasus lain, Anda dapat memilih selebrita papan atas yang sedang merajai industri hiburan, dengan catatan tetap disesuaikan dengan produk yang akan dipromosikan.
Manfaat penggunaan brand ambassador
1. Meningkatkan brand awareness
Salah satu manfaat besar menggunakan BA adalah meningkatnya brand awareness atau kesadaran merek. Terlebih jika BA merupakan sosok artis ternama, maka hal itu akan sangat mudah mempengaruhi para pengikutnya untuk mengikuti apa yang dilakukan idolanya.
2. Memperluas jangkauan konsumen
BA sangat berperan dalam memperluas jangkauan konsumen. Selain akan dilibatkan dalam konten periklanan luar ruang atau Out of Home seperti billboard dan videotron yang terpampang di pinggir jalan dan beberapa lokasi terbaik, BA juga akan memaksimalkan jangkauan konsumen melalui media sosial mereka dengan terus mempromosikan produk.
Seperti diketahui, media sosial kini menjadi salah satu alat promosi andalan para pebisnis karena lebih cepat menjangkau audiens. Media sosial juga membuat hubungan dengan konsumen lebih interaktif sehingga mendorong pembelian yang lebih tinggi.
3. Meningkatkan kepercayaan konsumen
BA akan berupaya memberikan testimoni positif dan memberikan rekomendasi suatu produk untuk digunakan secara berulang-ulang. Hal ini membuat tingkat kepercayaan konsumen pun meningkat dan yakin bahwa produk yang ditawarkan berkualitas.
Misalnya saja, Zaskia Sungkar yang menjadi brand ambassador produk Le Mineral. Produk minuman ini pun kini bisa dibilang sudah semakin dikenal dan dipercaya masyarakat, bahkan tak kalah dari kompetitornya terdahulu.
4. Meningkatkan penjualan
Ketika kesadaran merek dan kepercayaan konsumen meningkat, ditambah jangkauan audiens semakin luas, maka secara otomatis angka penjualan pun akan meningkat signifikan. BA juga membantu membangun citra positif brand yang bisa membuat produk bertahan lebih lama di pasaran.
Pada intinya, menggunakan BA tergantung pada kebutuhan masing-masing perusahaan. Namun jika melihat manfaatnya dalam pengembangan bisnis, maka menggunakan brand ambassador sangatlah dianjurkan.