Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Cara Memaksimalkan Manfaat Creative Branding dalam Bisnis
Jarang diketahui, melibatkan komunitas dalam memaksimalkan manfaat creative branding ternyata dapat meningkatkan reputasi merek.   

Creative branding adalah strategi pemasaran yang menunjukkan bagaimana individu, perusahaan, atau organisasi dapat menyediakan kebutuhan konsumennya melalui pendekatan kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, manfaat creative branding sangat berperan penting dalam keberlangsungan suatu bisnis.

Agar visi misi perusahaan bisa terwujud, berikut cara memaksimalkan manfaat creative branding dalam bisnis.

1. Pahami audiens

Sebelum mengeluarkan ide kreatif, Anda perlu mengetahui dengan siapa berbicara dan apa saja yang dibutuhkan konsumen. Kemudian teliti kembali target pasar, nilai, kebutuhan, preferensi, dan poin kesulitan. Coba gunakan alat seperti survei, wawancara, analisis media sosial, dan umpan balik konsumen untuk mengumpukan data yang perlukan.

2. Ceritakan kisah yang menarik

Salah satu cara terbaik menggunakan kreativitas untuk meningkatkan reputasi merek adalah dengan menceritakan kisah menarik yang menghubungkan audiens secara emosional dan rasional.

Cerita yang bagus dapat menunjukkan kepribadian, nilai, tujuan, dan manfaat sebuah merek. Hal ini juga dapat menginspirasi kepercayaan, loyalitas, dan advokasi di antara konsumen. Untuk membuat cerita yang menawan, gunakan elemen seperti karakter, konflik, resolusi, dan emosi. Pastikan juga cerita Anda relevan, autentik, dan konsisten di seluruh saluran.

3. Jadilah orisinal dan inovatif

Kreativitas erat kaitannya dengan orisinal (keaslian) dan inovatif. Artinya, jika ingin menawarkan sesuatu yang tidak ditawarkan pesaing, maka buatlah branding dengan lebih baik  atau berbeda, sehingga dapat mengejutkan dan menyenangkan konsumen melalui produk maupun layanan. Untuk menjadi orisinal dan inovatif, Anda perlu mengeksplorasi ide-ide baru, bereksperimen dengan berbagai format dan media, serta menguji dan menyempurnakan solusi.

4. Libatkan komunitas

Cara lain memaksimalkan manfaat creative branding untuk meningkatkan reputasi merek adalah dengan melibatkan komunitas. Pasalnya, komunitas mencakup konsumen, karyawan, mitra, pemberi pengaruh, dan penggemar produk Anda. Jika ingin membangun hubungan dengan mereka, mendengarkan masukan serta melibatkan mereka dalam proses, cobalah  memberi penghargaan atas kesetiaan mereka.

Anda dapat menggunakan kreativitas untuk membuat konten, kampanye, acara, atau program menarik yang mengundang komunitas untuk berpartisipasi, berkreasi bersama dan berbagi.

5. Menanggapi tantangan

Kreativitas juga penting ketika menghadapi tantangan yang mempengaruhi reputasi merek. Ini bisa berupa krisis, keluhan, ulasan negatif, atau kesalahan. Anda perlu menggunakan kreativitas untuk menjawab tantangan ini dengan cepat, efektif, dan tepat, serta perlu menunjukkan empati, transparansi, akuntabilitas, dan tindakan. Anda perlu menemukan solusi yang mengatasi akar permasalahan, memitigasi dampak, dan memulihkan kepercayaan, maupun perlu belajar dari tantangan-tantangan ini untuk meningkatkan proses dan kebijakan.

6. Mengukur hasil

Terakhir hal yang perlu dilakukan adalah mengukur hasil untuk melihat bagaimana kreativitas meningkatkan reputasi merek. Anda perlu menetapkan sasaran dan metrik yang jelas yang selaras dengan tujuan dan nilai merek, serta melacak dan menganalisis kinerja dan hasil di berbagai saluran dan platform. Anda perlu mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dan menyesuaikan dan mengoptimalkan strategi kreatif berdasarkan temuan dan masukan.

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?