Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Bagaimana Peran QR Code dalam Strategi Marketing?

Jadi 'angin segar' bagi marketer, ini peran penting QR Code dalam mengoptimalkan kampanye iklan yang telah dilakukan.  

 

QR Code atau Code QR sebenarnya merupakan alat transaksional dalam aktivitas jual beli tertentu. Akan tetapi alat ini juga bisa digunakan sebagai strategi marketing dalam memajukan suatu bisnis. Pasalnya, Quick Response Code bisa disematkan dalam media periklanan seperti Out of Home (OOH) maupun media lainnya.

 

Contohnya saja pada iklan billboard, pebisnis tak hanya menampilkan desain dan informasi produk saja tapi juga menyematkan QR Code. Tujuannya agar perusahaan bisa mengukur berapa banyak audiens yang terlibat, sehingga bisa mengukur apakah iklan yang dipasang efektif atau tidak.

 

Masifnya penggunaan Quick Response Code sebenarnya menjadi 'angin segar' bagi marketer karena sangat membantu dalam proses kampanye yang telah dilakukan. Di mana audiens yang tertarik cukup scan barcode yang tertera pada media periklanan dan secara otomatis Anda akan terhubung ke halaman berikutnya.

 

Keuntungan Quick Response Code

 

Inovasi transaksi digital memang memberikan berbagai keuntungan bagi perusahaan. Selain perusahaan akan mendapatkan data akurat mengenai konsumen, Quick Response Code juga mendorong transaksi menjadi lebih transparan dan menimalisir potensi kecurangan.

 

Di sisi lain, data yang diperoleh dari sistem digital ini bisa menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam menentukan target audiens mereka agar lebih tepat sasaran. Di era serba modern saat ini, sudah sepatutnya perusahaan beradaptasi dengan tren yang ada, terlebih transaksi digital sangat diminati di kalangan generasi milenial dan generasi z karena dianggap lebih praktis.

 

Selain itu, pemasaran produk dengan QR juga memberikan nilai tambah informasi, seperti adanya penjelasan produk yang lebih komprehensif kepada konsumen. Hal itu akan menjadi nilai lebih dan dapat mendorong calon konsumen melakukan transaksi pembelian

 

Mengenal jenis Quick Response Code

 

Sebelum memasukannya dalam strategi marketing, Anda harus memahami terlebih dahulu tipe-tipe Quick Response Code, yakni: 


 

  • QR Code Statis, yakni QR dengan kode yang bersifat tetap dan tidak bisa diganti. Biasanya jenis ini digunakan perusahaan untuk ID karyawan, absensi, dll.
  • QR Code Dinamis, yakni QR yang masih bisa diedit atau diubah sesuai kebutuhan. Biasanya digunakan dalam media periklanan baik itu pada brosur, baliho, billboard, maupun media digital seperti media sosial, website, dll. Sehingga bisa saja kode berubah sesuai kebutuhan dan perkembangan perusahaan.

 

Jika melihat penjelasan tersebut, maka QR Code dinamis lebih tepat digunakan dalam strategi marketing. Selain bisa mendapatkan feedback dan masukan yang positif, metode ini juga erat kaitannya dengan kebutuhan pengiklan. So, jangan ragu menggunakan Quick Response Code dalam bisnis!

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?