Baliho Digital vs Baliho Konvensional merupakan dua bentuk periklanan yang efektif. Kedua jenis periklanan ini pada hakikatnya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, akan tetapi perusahaan perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum mengambil keputusan untuk memilih jenis media promosi yang digunakan.
Baliho Konvensional telah ada selama beberapa dekade dan dianggap memberikan stabilitas dan keandalan yang lebih baik. Sementara Baliho Digital menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dan kemampuan untuk menargetkan khalayak tertentu. Secara umum, Baliho merupakan iklan jenis luar ruangan atau Out of Home (OOH) yang dapat menjangkau konsumen saat berpergian atau di luar rumah dengan hasil luar biasa. Namun sebelum menentukan jenis iklan yang sesuai dengan produk yang akan dipromosikan, perusahaan harus mengenal terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan Baliho Digital vs Baliho Konvensional.Apa Itu Baliho Konvensional?
Jenis iklan yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi lantaran kerap menjadi pemandangan umum di pinggir jalan. Baliho Konvensional dikenal karena jangkauannya yang luas dan penempatannya yang semi permanen di jalan raya dan persimpangan.Baliho telah menjadi cara yang teruji dan benar untuk mempromosikan produk kepada jutaan orang di seluruh negeri selama beberapa dekade. Baliho konvensional selalu gigih dalam misinya untuk menyampaikan pesan-pesan khas yang tetap terpatri dalam ingatan masyarakat di setiap kesempatan.
Kelebihan:
- Perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan ruang iklan secara eksklusif, memungkinkan paparan 24 jam sehingga menjadi investasi dalam jangka panjang.
- Baliho biasanya terletak di area dengan lalu lintas tinggi yang dirancang untuk menarik perhatian melalui ekstensi, potongan, dan warna-warna cerah.
- Dibandingkan dengan media lain seperti radio, majalah atau surat langsung, papan reklame ini mempunyai kesan prospektif yang lebih tinggi.
- Audiens yang berusia lebih tua biasanya lebih cenderung memperhatikan, karena mereka terbiasa dengan iklan papan reklame yang memungkinkan pemasaran dari mulut ke mulut selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.
Kekurangan:
- Pelaku bisnis harus mempertimbangkan biaya produksi saat memperbarui atau mengganti iklan pada papan reklame tradisional, karena materi iklan dapat terkelupas, pudar, rusak, dan kotor seiring berjalannya waktu.
- Ada waktu tunggu terkait perubahan pesan atau iklan karena terbatasnya ruang dan dimensi tidak biasa yang membatasi informasi dan ajakan bertindak.
- Pelaku usaha atau pebisnis harus mewaspadai potensi kecelakaan atau vandalisme yang dapat terjadi jika tidak dirawat dengan baik.
Apa Itu Baliho Digital?
Perkembangan teknologi digital ikut merevolusi dunia periklanan. Baliho digital telah menjadi cara ideal untuk berinteraksi dengan calon konsumen. Media iklan ini mudah dikelola dengan koneksi jaringan digital dan memiliki kemampuan untuk merotasi iklan sesuai jadwal.
Baliho elektronik ini dapat ditemukan di sepanjang jalan raya maupun landmark di kota-kota besar seperti DKI Jakarta. Media iklan ini juga bisa digunakan di daam ruangan seperti kios, bandara, dll. Dengan menggunakan LED dan pengontrol terkomputerisasi, iklan digital ini memberikan cara menarik untuk mempromosikan produk.
Kelebihan:
- Baliho digital menawarkan cara hemat biaya untuk menjangkau calon konsumen dengan visual yang menarik seperti efek bergerak, warna cerah, dan video.
- Dengan periode tampilan yang singkat untuk mengurangi kejenuhan iklan, jadwal yang disesuaikan dapat menargetkan audiens yang berbeda sepanjang hari atau minggu.
- Baliho digital ideal untuk promosi atau iklan jangka pendek dan dapat dipicu oleh kondisi cuaca, peringatan berita, atau pola lalu lintas.
- Beberapa papan digital bahkan mendorong postingan media sosial sambil menawarkan fleksibilitas iklan luar ruang tradisional dengan dampak lebih besar, karena teknologi tampilan LED memberikan gambar jernih di lokasi utama yang mudah untuk memutar pesan.
- Format ini bisa membuat audiens tidak mempunyai kesempatan untuk berpaling dari iklan.
- Baliho digital juga tidak mudah rusak jika ditempatkan pada titik yang lebih tinggi.
Kontra:
- Papan reklame digital umumnya lebih mahal dibandingkan papan iklan tradisional.
- Sebagian besar iklan hanya terlihat selama 8-10 detik, dan waktu pemaparan dibagi di antara pengiklan lain dalam putaran 64 detik.
- Permintaan yang tinggi dapat membatasi atau menunda ketersediaan ruang iklan di papan reklame digital.