Tetap menjadi primadona di tengah gempuran iklan digital, ini dia kelebihan dan kekurangan billboard yang perlu diketahui.
Billboard adalah salah satu metode periklanan luar ruang yang paling populer, terutama di kalangan perusahaan besar. Banyaknya keuntungan dari penggunaan billboard membuat media ini pun masih menjadi pilihan banyak pengusaha dalam mempromosikan produk mereka.
Akan tetapi, walaupun menjadi alat promosi yang sangat efektif untuk produk atau layanan, alat promosi ini ternyata memiliki berbagai kelemahan.
Berikut kelebihan dan kekurangan billboard yang perlu diketahui:
Keuntungan billboard:
- Besar dan menarik perhatian
- Menargetkan pasar yang besar dan beragam
- Tingginya frekuensi paparan konsumen
- Iklan media yang efektif
- Efek visual memperkuat informasi yang disampaikan
- Membangun reputasi positif perusahaan
- Membangun citra produk
- Peningkatan penjualan yang cepat
Kekurangan billboard:
- Butuh biaya tinggi
- Masalah visibilitas
- Informasi terbatas
- Mode periklanan statis
- Alat periklanan jangka pendek
- Cuaca ekstrem bisa cepat merusak billboard
Kelebihan menggunakan billboard
Penggunaan billboard merupakan investasi besar yang bisa memperkuat citra merek. Bayangkan, ketika sebuah billboard statis dipasang suatu lokasi dan berhasil mencuri perhatian semua orang yang lalu lalang. Kehadiran produk itu pun akan sangat terasa karena dapat menjangkau banyak kelompok sasaran secara bersamaan.
Di sisi lain, besarnya ukuran papan reklame juga bisa memberikan peluang bagi iklan dilihat secara berulang oleh audiens. Hal ini secara otomatis akan meningkatkan frekuensi paparan iklan. Dengan begitu merek akan mudah diingat oleh audiens dan branding awareness pun ikut meningkat.
Kekurangan menggunakan billboard
Meksi keuntungan penggunaan billboard terbilang cukup banyak, namun media ini tetap memiliki beberapa kelemahan yang tidak dapat dikendalikan seperti cuaca buruk yang dapat merusak papan reklame.
Adapun kekurangan lainnya yaitu ketika lokasi papan reklame Anda terhalang oleh pohon atau dahan yang akan mengganggu visibilitasnya. Sekali lagi, hal ini kemungkinannya kecil karena semua hambatan umumnya dihilangkan ketika iklan dipasang di papan reklame.
Kerugian lainnya adalah Anda tidak bisa memastikan apakah billboard yang dipasang berhasil menarik konsumen baru atau tidak. Meski tersedia ruang yang luas untuk beriklan, namun media ini hanya memberikan pesan singkat untuk memberikan dampak yang kuat bagi calon konsumen dalam mengoptimalkan penjualan.
Sebenarnya dengan mengikuti praktik terbaik untuk beriklan melalui papan reklame, Anda dapat memastikan bahwa penggunaan media ini lebih banyak keuntungannya daripada kekurangannya. Apalagi lalu lintas di jalan raya selalu meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ini berarti akan lebih banyak pula orang di jalan yang akan melihat papan reklame Anda sehingga jangkauan pangsa pasar jauh lebih besar dalam suatu lokasi geografis.