Dalam strategi pemasaran, Iklan reklame dapat memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan maupun masyarakat.
Iklan reklame adalah salah satu media dalam mempromosikan suatu produk yang mudah dijumpai di berbagai sudut kota. Papan iklan yang menarik dan kreatif tak hanya memberikan keuntungan bisnis, tapi juga membuat brand lebih menonjol dari para pesaing atau kompetitor.
Pemasangan reklame di lokasi yang tepat serta pesan iklan yang memikat akan memberikan kesan positif di mata konsumen. Model promosi ini juga dapat menciptakan peluang yang lebih besar dalam hal menigkatkan penjualan.
Berdasarkan pengadaanya, iklan reklame terdiri dari dua jenis, yaitu:
1. Reklame komersial
Jenis papan iklan yang digunakan untuk kepentingan bisnis agar memproleh hasil penjualan tinggi.
2. Reklame non-komersial
Jenis papan iklan yang digunakan untuk kepentingan masyarakat luas, misalnya berisi pesan imbauan, ajakan, informasi lalu lintas atau protokol kesehatan selama pandemi, dan lainnya.
Berikut beberapa jenis reklame outdoor yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari:
1. Billboard
Ukurannya yang besar membuat media iklan ini kerap menjadi sorotan audiens. Papan reklame ini biasanya dipasang di jalan raya yang ramai akan lalu lintas, seperti jalan tol maupun di kota-kota besar. Billboard dinilai sebagai salah satu media promosi yang mampu menjangkau audiens secara luas.
2. Baliho
Baliho sebenarnya tak jauh berbeda dengan Billboard. Salah satu perbedaannya adalah material pembuatanya. Baliho terbuat dari papan kayu, sedangkan Billboard dibuat dari kerangka aluminium atau sejenisnya.
3. Spanduk
Spanduk merupakan iklan yang dikenal murah dan terjangkau. Reklame ini dibuat secara ringkas, padat, dan jelas.
4. Neon Box
Media iklan ini biasanya akan menjadi pusat perhatian pada malam hari. Dilengkapi dengan lampu, Neon Box kerap menjadi pilihan pebisnis dalam mempromosikan produknya karena papan iklan akan terlihat lebih cantik dan menarik pada malam hari.
5. Videotron
Bisa dibilang, Videotron kini menjadi media promosi yang paling diminati. Dilengkapi dengan teknologi canggih dan disajikan dalam bentuk video memang membuat Videotron lebih unggul dibandingkan media outdoor lainnya.
Berikut cara memaksimalkan iklan reklame outdoor agar keuntungan bisnis terus meningkat:
1. Memilih jenis iklan yang sesuai dengan produk
2. Visual dan pesan harus menarik dan interaktif
3. Lokasi penempatan strategis
4. Gunakan kalimat singkat, padat, jelas
5. Monitoring dan evaluasi
Secara keseluruhan, iklan reklame merupakan alat pemasaran yang penting dan dapat memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan maupun masyarakat jika dilakukan dengan tepat dan memperhatikan nilai-nilai etika dan sosial. Di sisi lain, pelaku bisnis juga harus mengalokasikan anggaran pemasaran yang tidak sedikit, oleh karena itu strategi pemasaran yang tepat diperlukan agar hasil yang diinginkan dapat lebih optimal dan keuntungan bisnis dapat tercapai.