Apa itu brand awareness? seberapa penting sebenarnya peran kesadaran merek terhadap pengembangan suatu bisnis?
Brand awareness adalah istilah dalam pemasaran yang mengacu kepada kesadaran konsumen terhadap merek. Ini menandai awal mula ketertarikan konsumen terhadap suatu produk atau jasa. Kesadaran merek juga merupakan langkah pertama konsumen untuk melakukan pembelian sekaligus menjadi titik awal hubungan mereka dengan suatu merek.
Biasanya, konsumen akan cenderung melakukan pembelian jika mengetahui dan mengenal produk tersebut secara detail. Merek dengan brand awareness yang tinggi umumnya akan meningkatkan nilai penjualan sekaligus membuat bisnis bertahan dalam jangka panjang.
Adapun beberapa contoh produk ternama dengan brand awareness tinggi adalah AQUA, Pepsodent dan Indomie. Ketiga merek tersebut berhasil melekat di benak konsumen. Pasalnya, konsumen tak lagi menyebut ingin membeli air mineral, pasta gigi maupun mie instan, tapi mereka pasti secara spontan menyebut merek ketiganya.
Ya, merek suatu bisnis lebih dari sekadar logo atau tagline. Ini adalah kombinasi dari produk yang mereka jual, cara mereka menceritakan kisahnya, estetikanya, pengalaman konsumen yang mereka berikan, apa yang diperjuangkan perusahaan, dan masih banyak lagi.
Persepsi konsumen terhadap suatu merek didasarkan pada serangkaian masukan dari waktu ke waktu. Perusahaan membangun merek dengan menyampaikan pesan dan pengalaman yang konsisten di seluruh titik kontak. Konsistensi, pengulangan pesan, dan pengalaman adalah hal mendasar untuk membuat merek mudah diingat dan menjadi kunci , dalam membangun brand awareness.
Manfaat brand awareness
1. Membangun kepercayaan konsumen
Semakin banyak yang mengenali produk Anda, maka akan semakin mudah pula membangun kepercayaan konsumen. Terlebih jika calon konsumen mendapat testimoni dari keluarga, teman atau kerabat mengenai produk yang Anda tawarkan.
2. Membangun citra merek yang positif
Citra merek merupakan indikator yang tak terpisahkan dari kesadaran merek. Pasalnya, citra positif berpengaruh besar pada tingkat kepercayaan konsumen sebelum membeli produk yang ditawarkan.
3. Tingkatkan traffic situs website dan media sosial
Kesadaran merek yang tinggi secara tidak langsung akan mendorong konsumen untuk mengunjungi situs website maupun media sosial produk tersebut. Tak hanya meningkatkan trafffic, kunjungan ke website juga bisa mendorong konsumen membeli lebih dari satu produk, setelah melihat ragam jenis produk yang ditawarkan.
4. Meningkatkan penjualan
Adapun manfaat yang paling menguntungkan dengan tingginya kesadaran merek adalah meningkatkan penjualan serta tercapainya target pasar. Bisa dibilang, ini kesukesan yang akan membawa bisnis terus berkembang.
Bagaimana cara meningkatkan brand awareness?
Perusahaan dapat meningkatkan kesadaran merek melalui promosi, media sosial, program influencer, dan tentu saja media periklanan Out of Home (OOH). Kesadaran merek juga dapat dilakukan dengan cara kreatif lainnya melalui streaming, pemasaran konten, penyampaian cerita yang mendalam, periklanan interaktif, periklanan berdasarkan pengalaman, dan masih banyak lagi.