Billboard dan keberlanjutan menjadi dua indikator tak terpisahkan dalam mewujudkan periklanan hijau dan ramah lingkungan.
Pemandangan kota dengan billboard yang berdiri kokoh bukan hal asing bagi masyarakat. Banyak jenis billboard yang digunakan, baik billboard tradisional maupun LED billboard. Namun teknologi tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan masalah dan tidak mendukung billboard dan keberlanjutan.
Oleh sebab itu, teknologi billboard dan keberlanjutan harus diseimbangkan agar limbah, lokasi pemasangan dan waktu tampil iklan tidak menjadi permasalahan lingkungan.
Billboard dan keberlanjutan harus menjadi perhatian, mengingat teknologi yang digunakan pada LED billboard membutuhkan konsumsi energi. Billboard tradisional pun tetap membutuhkan energi ekstra untuk lampu yang menerangi billboard pada malam hari.
Selain itu, masalah lain yang membuat billboard dan keberlanjutan penting diperhatikan adalah ketika media ini tidak lagi digunakan. Jika dilepas, menghasilkan limbah yang sulit didaur ulang namun jika dibiarkan begitu saja, maka akan menjadi polusi visual.
Polusi visual yang dihasilkan dari billboard tidak terpakai berdampak pada psikologis masyarakat yang kerap melewatinya. Jika ingin tetap menjaga lingkungan, pelaku bisnis atau vendor iklan perlu memerhatikan pemasangan alat promosi ini.
Billboard dan keberlanjutan bukan hanya soal keharusan, namun juga memberi dampak baik bagi pelaku bisnis itu sendiri. Di era kemajuan saat ini, banyak orang menaruh perhatian besar pada masalah lingkungan dan bisa saja tertarik pada brand atau bisnis yang memerhatikan praktik hijau dan keberlanjutan lingkungan.
Selain itu, strategi periklanan billboard dan keberlanjutan juga bisa menghemat budget untuk tagihan pembayaran energi. Etika periklanan untuk media yang mementingkan lingkungan juga bisa menjaga reputasi dari brand tersebut.
Penerapan praktik ramah lingkungan dan komunikasinya kepada masyarakat dapat menciptakan brand yang mengesankan bagi bisnis. Hal tersebut dikarenakan pelaku bisnis bisa membedakan diri dari pesaing dan memberi keunggulan kompetitif yang jelas di pasar.
Berikut langkah untuk menerapkan keberlanjutan lingkungan dalam periklanan;
1. Terus Menjaga Etika Periklanan
Beriklan dengan etika tak hanya membantu menjaga lingkungan, tapi juga membuat pebisnis lebih efektif dalam menggunakan media promosi yang sesuai target audiens. Jika periklanan yang dilakukan menyenangkan, efektif dan kreatif, maka akan mendapatkan peningkatan brand awareness sesuai yang diharapkan.
2. Melakukan Daur Ulang
Billboard yang sudah tidak bisa digunakan lagi bisa didaur ulang. Contohnya, kembali menggunakan material yang masih layak digunakan untuk dijadikan media iklan lain.
Dengan melakukan hal ini, mereka mengurangi limbah yang dihasilkan dari media iklan tersebut. Selain digunakan kembali, bekas billboard bisa dibuat barang sehari-hari seperti tas belanja dan lainnya.
3. Buat Praktik Hijau Jadi Strategi
Tujuan dari praktik hijau akan berhasil ketika pelaku bisnis mengembangkan strateginya secara serius. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk pendekatan terhadap periklanan berkelanjutan.
Contohnya adalah melakukan pencahayaan hemat energi pada billboard. Pelaku bisnis bisa menggunakan sumber cahaya dari lampu LED hemat energi yang dapat mengurangi penggunaan listrik. Di beberapa negara, terdapat billboard dengan panel solar untuk menyerap energi panas.
</p class="adn>