Kenali promotion mix dengan berbagai metode agar brand semakin berkembang pesat dan dikenal masyarakat luas.
Meski menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis, istilah promotion mix mungkin masih asing terdengar. Padahal strategi ini bisa dilakukan sebuah brand untuk mengoptimalkan kegiatan promosi dan mencapai audiens yang luas.
Promotion mix atau kombinasi promosi adalah beragam jenis promosi yang digunakan pebisnis untuk meningkatkan, mempertahankan, sekaligus menciptakan permintaan baru akan merek.
Konsep pemasaran yang membantu perusahaan mencapai goals bisnisnya ini dapat dilakukan dengan berbagai metode promosi, antara lain advertising (pengiklanan), sales (penjualan), public relations (hubungan masyarakat), dan direct marketing.
Berikut penjelasan lebih detail terkait berbagai metode promosi:
- Advertising (periklanan): Promosi bisa menggunakan berbagai media, seperti televisi, radio, internet, media sosial, maupun periklanan luar ruang atau Out of Home.
- Sales (penjualan): Metode ini lebih kepada melibatkan langsung antara perusahaan terhadap calon konsumen. Sales bisa menawarkan produk melalui pertemuan langsung ataupun via telepon.
- Public relations (hubungan masyarakat): Seorang public relation dapat leluasa menyampaikan ide atau gagasan terhadap perusahaan seperti merancang sebuah event atau ikut berpartisipasi yang tujuannya memberikan informasi mengenai promosi penjualan yang sedang diadakan.
- Direct marketing (pemasaran langsung): Pemasaran langsung yang melibatkan komunikasi yang ditujukan langsung kepada konsumen potensial melalui surat, email, pesan teks, maupun telepon.
Peran penting promotion mix
Tak hanya terfokus pada satu jenis metode promosi, promotion mix akan membuat penjualan lebih optimal dan keuntungan yang diraih perusahaan pun jauh lebih besar. Mengombinasikan jenis promosi juga bisa memberikan berbagai manfaat, seperti:
1. Menjangkau target pasar yang beragam
Bisa dibayangkan jika sebuah perusahaan memilih untuk menggunakan beberapa media promosi, mulai dari OOH, Digital OOH (DOOH), sales promotion dan lainnya, maka audiens yang dijangkau pun akan lebih luas dan membuat produk akan lebih mudah dikenal masyarakat.
2. Meningkatkan kesadaran merek
Salah satu bentuk investasi terbaik bagi sebuah perusahaan adalah membuat brand selalu diingat oleh masyarakat. Jika ini berhasil, artinya masa depan bisnis pun akan cemerlang lantaran produk yang diluncurkan selalu ditunggu oleh konsumen setia maupun calon konsumen.
3. Memaksimalkan penjualan
Melihat iklan secara berulang diberbagai media promosi akan membuat audiens penasaran untuk mengenal lebih jauh terkait produk Anda dengan mengunjungi website, media sosial maupun mengunjungi toko untuk melakukan pembelian.
Anda pun tak perlu ragu lagi, yuk lakukan promotion mix agar penjualan brand semakin meningkat dan penghasilan pun kian moncer!