Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Begini Cara Mengukur Keberhasilan Iklan Billboard di Jakarta

Keberhasilan iklan billboard di Jakarta tak hanya diukur dengan mempertimbangkan laba atas investasi, tapi juga faktor penting lainnya.   

 

Iklan Billboard di Jakarta merupakan media luar ruang yang dinamis. Dalam pemasangannya, alat promosi ini harus terlihat menonjol dari pesaingnya.

 

Meskipun papan reklame menyasar  orang-orang berjalan, berlari, bersepeda, atau berkendara, akan tetapi reklame tetap harus berukuran besar, mencolok, dan mudah dibaca. Jika tidak, calon audiens akan mengabaikannya begitu saja.

 

Berikut beberapa faktor penunjang keberhasilan iklan billboard.

 

1. Lokasi strategis

 

Pada umumnya pengukuran efektivitas billboard selalu diawali dengan evaluasi lokasi potensi penempatan iklan. Hal ini biasanya dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti:

 

  • Jumlah orang atau kendaraan yang melewati iklan billboard per hari
  • Jumlah orang atau kendaraan yang dapat melihat iklan billboard per hari
  • Orang atau kendaraan yang benar-benar melihat atau berinteraksi dengan billboard

 

Anda harus mencoba mencari lokasi ideal yang ramai lalu lintas, meskipun area ini biasanya memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan area dengan lalu lintas rendah lainnya.

 

Pengukuran lalu lintas biasanya dilakukan melalui berbagai metode termasuk data pemerintah, sensus, penghitungan lalu lintas jalan raya, dan bahkan pencatatan data perjalanan sehari-hari secara manual. Angka-angka ini akan membantu Anda menentukan apakah suatu lokasi merupakan penempatan yang ideal untuk bisnis, merek, atau layanan.

 

2. Tagar

 

Hashtag lebih banyak digunakan saat ini dan memberikan banyak peluang untuk menarik calon pelanggan dengan pesan yang ditampilkan di media luar ruang. Memanfaatkan hashtag dapat membantu perusahaan mengevaluasi efektivitas iklan billboard dengan lebih baik.

 

Mirip dengan bagaimana melakukan riset dengan kata kunci, metode yang sama dapat diterapkan dalam mengukur efektivitas papan reklame. Semakin banyak hasil penelusuran yang didapat suatu frasa, maka dapat memberikan wawasan tentang seberapa sering orang melihat dan mengambil tindakan dengan iklan luar ruang ini.

 

3. Analisis penjualan

 

Biasanya ada korelasi langsung antara penjualan dan iklan luar ruang. Penting bagi Anda untuk mencatat tolok ukur dalam laporan penjualan, dan menentukan apakah iklan papan reklame yang terpasang mendatangkan lebih banyak pelanggan atau tidak.

 

4. Dampak billboard

 

Billboard tidak seperti jenis iklan lainnya, para peneliti telah menemukan bahwa waktu menonton rata-rata adalah empat detik. Jadi, billboard ditujukan untuk membangun brand recognition atau memperkuat brand recall, yang pada umumnya menyampaikan pesan “Sampai jumpa!” atau “Ingat aku!”

 

Billboard secara teknis tidak luar biasa, namun  dapat menarik perhatian audiens yang sedang berada di perjalanan seperti mobil, bus, kereta, dan lainnya.

 

Pebisnis dapat mengambil peluang tersebut dengan membombardir lalu lintas dengan memasang billboard di lokasi strategis, antara lain Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur maupun Jakarta Utara, agar dapat dilihat berulang kali oleh para pengendara, pejalan kaki, maupun pesepeda.

 

Lalu, bagaimana mengukur keberhasilan iklan billboard di Jakarta?

 

Pertama, pertimbangkan laba atas investasi. Berapa harga papan reklame tersebut? Berapa banyak pendapatan yang dihasilkannya? Ketika kita mempertimbangkan Return on Investment (ROI), papan reklame mempunyai catatan yang terbukti sepadan dengan waktu dan investasi.

 

Jika Anda memakai jasa perikalanan profesional, maka Anda bisa mendapatkan data nyata terkait hasil dari pemasangan papan reklame. Biasanya data tersebut mengukur lalu lintas pejalan kaki dan kendaraan kapan saja, baik itu per hari, per minggu, maupun per tahun

 

Perusahaan periklanan  profesional dapat memprediksi demografi yang paling mungkin melihat dan merespons papan iklan Anda. Efektivitas billboard diukur dalam Sirkulasi Efektif Harian atau DEC. Ini mengacu pada jumlah kendaraan dan pejalan kaki yang melewati papan reklame Anda setiap hari.

 

Dalam hal ini, pemilihan jasa periklanan yang tepat juga merupakan salah satu kunci keberhasilan iklan billboard yang Anda pasang, karena jasa periklanan profesional dan berpengalaman akan membantu Anda mencapai target yang diinginkan.

 

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?