Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
7 Cara Mengukur ROI dalam Kampanye Iklan Reklame
Berdampak luas pada perkembangan bisnis, begini cara mengukur ROI yang baik dan benar dalam kampanye iklan reklame.  

Cara mengukur Return on Investment (ROI) sebenarnya tidaklah mudah karena harus memperhatikan berbagai hal. Namun menghitung ROI tetap harus dilakukan agar bisa mengetahui sejauh mana efektivitas kampanye iklan luar ruang yang telah dilakukan.

Sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara mengukur ROI, alangkah baiknya pebisnis memahami istilah berikut ini:
  • DES (Daily Effective Circulation) yaitu sirkulasi efektif harian dengan melihat jumlah kendaraan dan pejalan kaki yang melewati papan reklame per hari.
  • OTC (Opportunity to Contact) yaitu peluang untuk menghubungi, seperti berapa banyak orang yang dapat lewat dan melihat iklan luar ruang Anda.
  • VAC (Visually Adjusted Contact) yaitu kontak yang disesuaikan secara visual, seperti berapa banyak jumlah orang yang melihat iklan kampanye luar ruang tersebut.
Adapun beberapa faktor yang dapat menjadi pertimbangan ketika mengukur efektivitas iklan luar ruang, antara lain:

1. Lokasi

Lokasi memainkan peran utama dalam mengukur ROI iklan luar ruang. Selain memperluas jangkauan audiens, lokasi pemasangan iklan yang tepat akan mempengaruhi audiens untuk bertindak lebih lanjut dengan mengunjungi toko atau website yang terpampang dalam papan reklame.

2. Mengukur kelompok lalu lintas

Saat menentukan ROI, kita harus bisa mengetahui potensi audiens yang dapat melihat iklan dan berapa banyak yang akhirnya mengambil tindakan terhadap penjualan. Hal ini dapat kita lihat dengan mengukur pertumbuhan penjualan selama periode kampanye.

Adapun mobilitas OTC dan DEC dapat diakses melalui:

  • Jumlah lalu lintas jalan raya
  • Survei pemerintah
  • Data sensus
  • Menggunakan alat pelacak GPS
3. Mengukur penjualan sebelum dan sesudah pemasangan iklan

Ini merupakan salah satu cara paling umum dan sederhana, terkait bagaimana cara mengukur ROI. Lihat saja penjualannya sebelum dan sesudah menjalankan iklan. Jika ada peningkatan yang nyata, maka iklan berfungsi dengan baik. Agar metode ini berhasil, pastikan Anda tidak menjalankan kampanye baru lainnya pada waktu yang sama.

4. Kampanye khusus kode

Cara lain untuk mengukur ROI adalah dengan memanfaatkan voucher diskon, kupon, atau kode QR khusus kampanye. Kode-kode ini hanya boleh diterapkan pada periode kampanye yang terbatas. Anda dapat mengukur ROI dengan melacak jumlah pengunjung yang telah menggunakannya di situs, dan jika kode tertentu digunakan saat checkout, maka Anda dapat menetapkan penjualan tersebut ke iklan billboard.

5. Membuat situs mikro khusus kampanye

Buat halaman arahan yang ditautkan ke iklan luar ruang, yang hanya boleh muncul di platform luar ruang yang dipilih. Pastikan bahwa notifikasi tersebut hanya dihasilkan dari iklan luar ruang saja.

6. Melalui media sosial

Tagar adalah cara sempurna lainnya untuk mengukur papan reklame. Tetapkan hashtag khusus kampanye untuk iklan Anda. ROI bisa diukur berdasarkan interaksi di media sosial dengan menggunakan hashtag yang dipilih. Kemudian lakukan pencarian sederhana di berbagai platform seperti Instagram, Facebook, dan Twitter untuk melihat jumlah pasti orang yang terhubung dengan pesan Anda.

7. Melalui survei

Buat survei singkat kepada audiens di situs Anda yang menanyakan bagaimana mereka mengetahui tentang merek yang diiklankan. Wawasan ini akan memberikan dampak besar, baik pada pebisnis maupun pada audiens.

Diketahui, iklan OOH menghasilkan ROI yang lebih tinggi dibandingkan iklan radio, cetak, dan tampilan digital. Media di luar rumah sangat kuat, efektif, dan populer.

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?