Tak hanya tingkatkan brand awareness, OOH Outdoor dan Outdoor Indoor juga bisa tingkatkan penjualan.
Penggunaan iklan Out of Home (OOH) memang masih menjadi andalan perusahaan untuk menginvestasikan kejayaan brand bisnis mereka. OOH Outdoor maupun OOH Indoor kerap menjadi pertimbangan pelaku bisnis karena akan mempengaruhi perjalanan promosi terhadap target audiens.
Sebelum memutuskan untuk menggunakan media iklan tersebut, alangkah lebih baiknya jika mengenal lebih dalam terlebih dahulu apa itu OOH Outdoor dan OOH Indoor
OOH Outdoor
Out of Home (OOH) Outdoor adalah pemasangan iklan di luar ruangan. Biasanya media ini ditaruh di tempat yang dilewati banyak orang dan mudah dilihat. OOH sendiri sebenarnya merupakan jenis iklan yang menargetkan audiens ketika mereka sedang berada di luar rumah, sehingga dapat menjangkau audiens saat “on the go” atau sedang bergerak. Ada banyak jenis media yang digunakan dalam pemasangan iklan jenis ini, yang paling populer adalah Billboard dan Vehicle Advertising (iklan di kendaraan).
Media ini menjadi pilihan banyak pebisnis karena lebih efektif dalam meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan mendorong penjualan. Selain itu, alat promosi ini memberi dampak psikologis bagi yang melihat, baik karena pesannya maupun kreativitas desain dari iklannya.
Namun ada hal yang harus dipertimbangkan dalam menerapkannya. Pertama adalah pemilihan lokasi yang juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti lalu lintas area pejalan kaki dan visibilitas.
Iklan yang dipasang secara strategis seperti di area dengan lalu lintas tinggi atau lokasi yang kemungkinan besar terdapat target audiens akan meningkatkan peluang iklan dilihat dan menarik perhatian banyak orang. Karena akan dilihat banyak orang, maka juga harus dipertimbangkan desain dari iklan yang akan dipasang. Pastikan gambar dan tulisan akan terlihat jelas dari sudut pandang audiens yang melewati lokasi iklan.
OOH Indoor
Seperti namanya, OOH Indoor artinya pemasangan iklan dalam ruangan atau gedung yang lebih cenderung pada Retail Advertising. Materi iklan biasanya dipajang di tempat yang banyak dikunjungi dan dilihat banyak orang seperti mal, kafe, restoran dan supermarket.
Media yang digunakan dalam pemasangan iklan ini di antaranya poster, spanduk, atau leaflet. Jika ingin menggunakan media yang lebih modern, bisa menggunakan billboard dalam ruangan, biasanya berada di lokasi yang dilewati banyak orang seperti lift atau area eskalator.
Pada umumnya, media promosi ini dipilih untuk mempromosikan produk dan layanan di sekitar lokasi iklan berada. Saat merancang materi iklan ini, yang terbaik adalah fokus pada menampilkan informasi maksimal dan gambar minimal. Penting juga menempatkan iklan secara strategis untuk menarik perhatian audiens.
OOH Indoor juga dapat memberi dampak keterikatan terhadap audiens, dengan demikian juga meningkatkan penjualan dan brand awareness.
Lalu, mana yang lebih efektif?
Pada dasarnya, pemasangan iklan tersebut baik OOH Outdoor atau OOH Indoor sama-sama memiliki keuntungan yang bisa meningkatkan omzet penjualan maupun meningkatkan brand awareness. Namun hal yang menjadi pertimbangan untuk memilih iklan ini adalah dengan menyesuaikan kebutuhan bisnis dan budget yang dialokasikan oleh perusahaan.