Branding The Nation

Devis Advertising boasts an expansive nationwide presence, curating a portfolio of more than 1.000 strategically located

outdoor media assets, each designed to capture attention, that blanket the entire Indonesian landscape.
Mengukur Keberhasilan Kampanye DOOH

Pelaku bisnis harus mengukur keberhasilan kampanye DOOH agar bisa mengetahui secara pasti efektivitas iklan yang digunakan.    

 

Sebelum mengukur keberhasilan kampanye DOOH (Digital Out of Home), hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah menentukan target dan tujuan iklan sejak awal. Pasalnya, dengan menentukan goal utama yang ingin dicapai, maka pebisnis akan lebih mudah dalam mengambil keputusan atau langkah-langkah yang akan dilakukan.

 

Menentukan tujuan

 

Apakah pebisnis bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, atau menjaring audiens yang lebih luas? Ketika sasaran atau goal tersebut sudah ditentukan, maka pelaku bisnis dapat memilih metrik dan alat yang sesuai untuk melacaknya.

 

Contohnya, jika ingin meningkatkan kesadaran merek maka Anda dapat menggunakan survei, studi peningkatan merek, atau analisis merek di media sosial. Dengan cara tersebut, mengukur keberhasilan kampanye DOOH pun akan lebih mudah.

 

Pilih lokasi yang tepat

 

Salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi efektivitas DOOH adalah lokasi penempatan iklan yang tepat. Lokasi strategis biasanya dijadikan patokan para pengiklan dalam memasang papan reklame mereka.


Sebelum menentukan lokasi pemasangan DOOH, Anda perlu meneliti demografi, perilaku, dan preferensi calon konsumen, serta menggunakan data untuk mengidentifikasi lokasi terbaik untuk pemasangan iklan. Apabila data tersebut sulit didapatkan, pebisnis bisa menggunakan jasa layanan periklanan profesional yang pastinya sudah memiliki rekomendasi dan data terkait hal tersebut


Basis data

 

Kemajuan teknologi periklanan Digital OOH (DOOH) memungkinkan pengiklan mengaktifkan dan menyesuaikan kampanye secara dinamis yang dipandu oleh data. Perkembangan ini dapat mengintegrasikan DOOH ke dalam strategi pemasaran yang lebih luas.

 

Selain mengaktifkan aktivasi iklan, DOOH terbukti merupakan alat yang ampuh untuk merevolusi pengukuran iklan luar ruangan, memanfaatkan data dan pembelajaran mesin untuk membantu pengiklan meningkatkan kampanye iklan.

 

Perubahan teknologi telah memungkinkan metrik yang lebih detail dan akurat untuk kampanye OOH maupun DOOH. Misalnya saja papan reklame digital dapat memberi pengiklan kemampuan untuk melacak tayangan yang mereka terima secara real-time, serta demografi pemirsa yang terlibat dengan materi iklan.

 

Data tersebut dapat memudahkan pebisnis dalam mengukur keberhasilan kampanye DOOH di masa mendatang dan memahami jenis pesan dan visual apa yang paling cocok untuk audiens di lokasi berbeda.

 

Uji dan optimalkan

 

Seperti kampanye pemasaran lainnya, DOOH memerlukan pengujian dan pengoptimalan terus-menerus untuk meningkatkan kinerja dan Return of Investment (ROI). Anda perlu memantau metrik dan menganalisis hasilnya secara teratur, dan membandingkannya dengan sasaran atau tolok ukur lain.

 

Selain itu, perlu juga bereksperimen dengan berbagai variabel, seperti materi iklan, format, waktu, atau frekuensi iklan agar dapat melihat mana yang paling sesuai untuk audiens dan tujuan. Anda dapat menggunakan alat seperti pengujian terpisah, model atribusi, atau platform pengoptimalan untuk membantu menguji dan mengoptimalkan kampanye DOOH.

Scroll to Top
Buka obrolan
Butuh bantuan?
Hallo, ada yang bisa kami bantu?