Evolusi Media Luar Ruangan

Site Info

Dunia periklanan mengalami perkembangan pesat setelah besinergi dengan teknologi. Sepanjang abad 20, periklanan muncul pada lima media utama yaitu; surat kabar, majalah, radio, televisi, dan media outdoor (billboard-sebagian orang menyebutnya reklame).

Media promosi media outdoor sampai saat ini masih merupakan salah satu media yang efektif dan banyak digunakan pengiklan untuk memasarkan produk dalam satu kawasan yang lebih kecil. Dari awal penggunaannya hingga saat ini, media outdoor atau media luar ruang telah mengalami berbagai perkembangan menjadi beraneka ragam jenis dan bentuk. Beberapa contoh media luar ruang yang umum digunakan saat ini seperti: LED Display (Videotron / Megatron), Baliho, Bus Shelter Billboard, Conventional Billboard, Pedestrian Bridge Billboard, Neon Box, Shop Sign, Bando Billboard.

LED Display (Videotron / Megatron) merupakan salah satu billboard yang telah beradaptasi dengan teknologi terbaru yaitu layar LED / LED Display penggunaan LED Display memungkinkan iklan ditampilkan dalam tampilan elektronik baik berupa film video ataupun video animasi sehingga lebih banyak pesan yang bisa disampaikan kepada konsumen. Dipasang di lokasi yang padat seperti persimpangan jalan, LED Display akan menarik perhatian sebanyak mungkin orang untuk melihatnya.

Berbeda dengan media luar ruang lain seperti billboard, neon box atau neon sign, baliho merupakan alternatif media luar ruang yang mengedepankan biaya yang ekonomis. Salah satu perbedaan lain terletak pada permanen atau tidaknya tempat media luar ruang itu berdiri. Jika tempatnya (berupa konstruksinya) sementara atau semi permanen maka media luar ruang tersebut disebut baliho. Baliho bahannya bisa berupa kayu, logam, kain, fiberglas dan sebagainya. Isinya merupakan informasi jangka pendek mengenai acara (event) tertentu atau kegiatan yang bersifat insidentil.

Untuk menjangkau pengguna jalan, pejalan kaki atau pengguna angkutan umum, sarana media luar ruang yang bisa digunakan adalah Bus Shelter Billboard atau Billboard Halte. Dengan penggunaan media dengan bentuk yang dikustomisasi dan back-lighted, Bus Shelter Billboard merupakan pilihan yang sesuai untuk segala bentuk iklan.

Conventional Billboard atau Billboard Konvensional merupakan istilah yang digunakan untuk billboard-billboard yang diletakan secara strategis pada area-area yang padat dilalui oleh kendaraan. Jalan tol, jalan layang, jalan arteri merupakan titik-titik yang umumnya digunakan untuk peletakan Billboard Konvensional. Dipadukan dengan teknologi cetak dan pencahayaan maksimal, penggunaan Billboard Konvensional ditujukan untuk menarik perhatian secara cepat dari pengendara yang melewatinya.

Salah satu media luar ruang yang memiliki visibilitas paling baik adalah Pedestrian bridge billboard atau Billboard Jembatan Penyebrangan. Lokasinya yang menyatu dengan fasilitas umum jembatan penyeberangan yang melintang di atas jalan raya atau jalan tol membuat media luar ruang ini sangat terlihat oleh para pengguna kendaraan yang melaluinya.

Bentuk evolusi billboard lainnya terwujud dalam bentuk Neon Box, dipasang di sisi-sisi jalan atau pada separator jalan, Neon box menjadi salah satu media yang baik untuk beriklan kepada para pengguna jalan karena letaknya yang rendah sehingga memiliki jarak pandang yang dekat terhadap pengguna jalan. Menggunakan pencahayaan alami kala siang hari dan diterangi oleh neon yang terpasang di dalam kala malam hari, Neon Box menjadi pilihan yang menarik untuk beriklan di lokasi-lokasi yang padat pengunjung khususnya di malam hari.

Media promosi yang juga cukup banyak diminati saat ini adalah Shop Sign. Shop Sign adalah media iklan luar ruang yang biasanya terintegrasi atau menyatu dengan papan nama toko. Biasanya dicetak untuk menampilkan logo perusahaan atau merek produk, Shop Sign menjadi salah satu media yang baik untuk meningkatkan brand awareness akan suatu produk.

Dirangkum dari berbagai sumber.